Batuk Kering Bikin Risih! Redakan dengan Cara Alami Ini

Batuk Kering Bikin Risih! Redakan dengan Cara Alami Ini

Batuk kering bisa membuat siapa saja merasa risih. Yuk, coba redakan dengan cara alami di bawah ini!

Kita semua tahu betapa menjengkelkan rasanya ketika batuk kering datang tanpa permisi. Selain dapat membuat penderitanya merasa risih dan tidak nyaman, batuk kering juga dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Cuaca yang tidak menentu dan polusi udara yang semakin memburuk bisa membuat kondisi ini semakin parah. 

Menurut situs Healthline, batuk kering sendiri merupakan jenis batuk yang tidak disertai dengan lendir atau dahak. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti iritasi tenggorokan, alergi, atau peradangan. Adapun gejala umum dari batuk kering yaitu rasa perih dan gatal pada tenggorokan. 

Untuk mengatasi batuk kering, Peek.Me Friends bisa melakukannya dengan cara alami lho! Berikut ini merupakan cara alami untuk meredakan batuk kering yang bisa Peek.Me Friends coba: 

Baca juga: Dampak Polusi Udara bagi Kesehatan yang Harus Diwaspadai

Batuk kering bisa membuat siapa saja merasa risih. Yuk, coba redakan dengan cara alami di bawah ini!

1. Mengonsumsi madu

Madu telah lama dikenal sebagai “obat mujarab” untuk mengatasi batuk kering. Sebuah studi pada tahun 2007 menemukan bahwa madu memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang dapat membantu meredakan iritasi tenggorokan. Untuk meredakan batuk kering dengan madu, cukup campurkan satu sendok makan madu ke dalam segelas air hangat atau teh, dan minumlah saat masih hangat.

2. Minum teh jahe

Mengatasi batuk kering juga bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi teh jahe. Penelitian membuktikan bahwa jahe memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu melegakan tenggorokan yang gatal. Selain itu, jahe juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Redakan dengan peppermint

Kandungan menthol dalam peppermint dapat meredakan rasa gatal pada tenggorokan dan dapat mencegah terjadinya batuk kering. Selain itu, peppermint juga bisa membantu melegakan saluran pernapasan yang tersumbat. Untuk meredakan batuk kering dengan menggunakan peppermint, Peek.Me Friends bisa minum teh peppermint atau menghirup aromanya sebelum tidur. 

4. Mengonsumsi kunyit

Tidak hanya dapat menambah cita rasa pada masakan, kunyit juga dapat kita manfaatkan untuk mengobati batuk kering lho! Rempah berwarna kuning yang satu ini mengandung kurkumin, senyawa antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan di tenggorokan. 

5. Gunakan Relief Balm dari Peek.Me

Cara alami termudah yang bisa kamu coba untuk meredakan batuk kering adalah dengan menggunakan Relief Balm dari Peek.Me! Relief Balm adalah balsam alami yang terbuat dari 100 persen bahan natural dan efektif meredakan batuk kering, melegakan pernapasan, mengencerkan dahak, dan mengurangi meler. Balsam ini tidak menimbulkan sensasi panas, sehingga aman digunakan oleh anak di atas 2 tahun, ibu hamil, dan ibu menyusui.

Nah, itu dia lima cara alami yang bisa Peek.Me Friends coba untuk meredakan batuk kering. Jika kondisi batuk kering tidak kunjung membaik dan disertai dengan gejala lain seperti demam atau sesak napas, jangan ragu untuk segera periksakan diri ke dokter terdekat ya!

Semoga sehat selalu, Peek.Me Friends! Mari kita jalankan hidup yang #SehatTanpaObat.

Sumber: 

Halodoc

Healthline

#HidupMenyeluruh #ArahKebaikan

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out