Mengenal Manfaat Peppermint untuk Kesehatan, Apa Saja Ya?

Mengenal Manfaat Peppermint untuk Kesehatan, Apa Saja Ya?

Tidak hanya memiliki aroma khas yang menyegarkan, peppermint juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan.

Peppermint, tanaman dengan aroma khas yang menyegarkan ini sering kita temui dalam berbagai olahan makanan maupun minuman. Daun dari tanaman peppermint memiliki rasa yang segar, dingin, dan sedikit pedas, sehingga membuatnya disukai oleh banyak orang. Meskipun lebih dikenal sebagai bahan tambahan makanan, ternyata peppermint memiliki manfaat yang lebih dari itu lho, Peek.Me Friends!

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry, peppermint menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan dan telah dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal sejak ribuan tahun lalu. Hal ini dikarenakan peppermint mengandung senyawa metanol dan menthone yang bersifat antimikroba, antioksidan, dan antiinflamasi. Maka dari itu, tidak heran jika tanaman yang satu ini kerap dimanfaatkan sebagai alternatif pengobatan herbal. 

Nah, kira-kira apa saja sih manfaat dari peppermint untuk kesehatan? Daripada penasaran, yuk simak penjelasan di bawah ini, Peek.Me Friends!

Baca juga: Manfaat Calendula, Cegah Jerawat hingga Redakan Eksim

Tidak hanya memiliki aroma khas yang menyegarkan, peppermint juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan.

1. Meredakan masalah pencernaan

Melansir dari Hello Sehat, minyak peppermint dapat membantu meredakan masalah pencernaan seperti perut kembung, maag, dan gangguan pencernaan lainnya. Kandungan menthol dalam peppermint bisa membantu melemaskan otot-otot saluran pencernaan sehingga perut terasa lebih nyaman.

2. Mengurangi gatal dan iritasi kulit

Sebuah studi pada tahun 2016 menemukan bahwa minyak peppermint dapat mengurangi gatal dan iritasi pada kulit akibat gigitan serangga atau alergi. Hal ini dikarenakan peppermint memiliki sifat antiinflamasi dan mengandung senyawa rosmarinic acid yang dapat menekan reaksi histamin. 

3. Meredakan sakit kepala

Aroma segar dari peppermint terbukti ampuh meredakan sakit kepala, baik sakit kepala tegang maupun migrain. Sebuah penelitian dalam Frontiers in Neurology menemukan bahwa kandungan menthol dalam minyak peppermint dapat mengurangi nyeri pada kepala selama dua jam.

4. Mengurangi mual dan muntah 

Aroma segar dari peppermint ternyata efektif dalam mengurangi mual dan muntah pada wanita hamil. Selain itu, sebuah studi pada tahun 2021 membuktikan bahwa aroma dari minyak peppermint juga terbukti bisa meredakan frekuensi muntah secara signifikan pada pasien kemoterapi. 

5. Mengatasi batuk dan pilek

Peppermint juga efektif dalam mengatasi gejala batuk dan pilek lho, Peek.Me Friends. Kamu bisa minum teh peppermint hangat atau menghirup aroma essential oil peppermint untuk meredakan hidung tersumbat dan tenggorokan gatal.

6. Mengurangi nyeri haid

Kandungan menthol dalam peppermint ternyata dapat membantu mengendurkan otot perut dan mengurangi nyeri haid. Selain itu, menghirup aroma peppermint juga dapat merangsang sistem saraf parasimpatik yang dapat menenangkan tubuh dan mengurangi rasa sakit. Minyak peppermint juga dapat meredakan nyeri pada otot. 

Itu dia sejumlah manfaat luar biasa dari peppermint untuk kesehatan kita. Untuk merasakan manfaat dari peppermint, Peek.Me Friends bisa mencoba beberapa produk andalan Peek.Me seperti essential oil Peppermint, inhaler Nora Ninos untuk meredakan bersin-bersin , dan The AHH Oil untuk meredakan pegal. Ketiga produk tersebut mengandung essential oil peppermint yang 100 persen alami dan aman.

Sumber:

Medical News Today

Hello Sehat

#PahamBersamaPeekMe 

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out