Bumil Batuk dan Pilek? Coba Atasi dengan Cara Alami Ini

Bumil Batuk dan Pilek

Terserang batuk dan pilek ketika hamil? Jangan khawatir, usir batuk dan pilek yang mengganggu dengan cara alami ini!

Siapa saja bisa terserang penyakit batuk dan pilek, termasuk ibu hamil sekali pun. Meskipun sering dianggap sebagai penyakit yang sepele dan mudah ditangani, ternyata ibu hamil tidak bisa mengatasi batuk pilek secara sembarangan lho! 

Melansir dari Alodokter, ibu hamil tidak bisa mengonsumsi obat secara sembarangan ketika sedang batuk dan pilek. Beberapa jenis obat dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin jika dikonsumsi tanpa pertimbangan yang tepat. Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi ibu hamil untuk mencoba mengatasi batuk pilek dengan cara yang lebih aman dan alami.

Adapun cara alami yang bisa ibu hamil coba untuk mengatasi batuk dan pilek adalah:

Baca juga: Inilah Deretan Penyakit yang Sering Terjadi di Musim Hujan

Terserang batuk dan pilek ketika hamil? Jangan khawatir, usir batuk dan pilek yang mengganggu dengan cara alami ini!

1. Mengonsumsi cairan yang banyak

Cairan adalah kunci untuk menjaga tubuh ibu hamil supaya tetap terhidrasi, terutama ketika sedang mengalami batuk dan pilek. Ketika batuk dan pilek, ibu hamil dianjurkan untuk banyak minum air putih, jus buah tanpa tambahan gula, dan sup hangat untuk membantu meredakan gejala yang tidak nyaman.

2. Perbanyak beristirahat

Istirahat yang cukup sangat penting selama kehamilan, terlebih lagi ketika sedang menghadapi kondisi seperti batuk dan pilek. Istirahat yang cukup dapat membantu tubuh pulih lebih cepat dan memberikan energi tambahan untuk proses penyembuhan.

3. Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat tidak hanya dapat memberikan rasa nyaman, tetapi juga membantu membuka saluran pernapasan. Uap air hangat dapat membantu melegakan hidung tersumbat dan mengurangi rasa tidak nyaman akibat batuk.

4. Konsumsi madu, lemon, dan air hangat

Campuran madu, lemon, dan air hangat adalah minuman yang sangat efektif untuk meredakan batuk dan pilek. Madu memiliki sifat antibakterial, sementara lemon kaya akan vitamin C yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

5. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dapat membantu membersihkan tenggorokan dan meredakan iritasi. Pastikan air garam tidak yang digunakan untuk berkumur tidak memiliki rasa terlalu asin, dan berkumurlah secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

6. Makan makanan hangat dan berkuah

Makan makanan hangat dan berkuah seperti cream soup atau sup ayam dapat memberikan kenyamanan dan meredakan gejala batuk pilek. Tambahkan beberapa jenis sayuran ke dalam sup untuk menambah kandungan nutrisi.

7. Oleskan Relief Balm dari Peek.Me

Salah satu solusi alami yang dapat membantu mengatasi batuk dan pilek pada ibu hamil adalah dengan menggunakan Relief Balm dari Peek.Me. Balsam alami ini mampu membantu melegakan pernapasan, mengencerkan dahak, dan mengurangi meler. Relief Balm juga dapat menstimulasi daya tahan tubuh, serta bersifat antibakterial dan antiviral. Balsam ini aman digunakan oleh ibu hamil, anak usia 2 tahun ke atas, dan ibu menyusui.

Nah, itu dia beberapa cara alami yang bisa dicoba oleh ibu hamil ketika terserang batuk dan pilek. Namun perlu diingat, pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau bidan sebelum mencoba pengobatan apa pun selama kehamilan. Jika kondisi semakin buruk, segera hubungi dokter terdekat ya!

Semoga sehat dan bahagia selalu, Peek.Me Friends!

Sumber: 

Alodokter

Hello Sehat

#HidupMenyeluruh #ArahKebaikan

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out