Inilah Deretan Penyakit yang Sering Terjadi di Musim Hujan

Inilah Deretan Penyakit yang Sering Terjadi di Musim Hujan

Terdapat beberapa penyakit yang biasa muncul ketika musim hujan melanda. Kira-kira, apa saja ya?

Udara dingin dan lembap yang muncul di musim hujan sering kali mendatangkan banyak penyakit yang dapat mengancam kesehatan. Tidak hanya itu, dinginnya udara juga kerap membuat tubuh terasa lebih lemas dan tidak bertenaga. Jika Peek.Me Friends tidak bisa menjaga kesehatan diri dengan baik, berbagai penyakit akan bisa dengan mudahnya menyerang tubuhmu lho!

Menurut UPK Kemenkes RI, tingginya angka kemunculan penyakit ketika musim hujan disebabkan oleh mudahnya proses penyebaran virus dan bakteri. Cuaca yang dingin dan lembap adalah kondisi ideal bagi berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit untuk terus berkembang dan menyebar. Terdapat beberapa penyakit yang biasa muncul ketika musim hujan melanda, di antaranya adalah:

Baca juga: Musim Hujan Melanda, Jaga Daya Tahan Tubuh dengan 5 Tips Ini

Terdapat beberapa penyakit yang biasa muncul ketika musim hujan melanda. Kira-kira, apa saja ya?

1. Flu dan batuk

Musim hujan sering kali menjadi “ladang subur” bagi virus-virus penyakit saluran pernapasan, terutama virus yang dapat menyebabkan penyakit flu dan batuk. Kelembapan udara yang tinggi dan perubahan suhu memicu penyebaran virus dengan cepat. Maka dari itu, pastikan untuk selalu membawa payung dan hindari berada di tempat-tempat yang lembap terlalu lama ya, Peek.Me Friends! 

Jika flu dan batuk sudah terlanjur menyerang tubuhmu, segera oleskan Relief Balm dari Peek.Me pada area hidung, dada, dan leher ya! Relief Balm adalah balsam alami yang aman dan bersifat antibakterial serta antiviral, sehingga dapat membantu mempercepat pemulihan tubuh dari sakit. 

2. Diare

Tidak hanya flu dan batuk, permasalahan pencernaan seperti diare juga kerap muncul ketika musim hujan melanda. Air hujan yang menggenangi jalan-jalan dapat menjadi media penyebaran bakteri yang dapat masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan tangan dan pastikan makanan yang dikonsumsi selalu bersih dan matang.

Untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan selama musim hujan, kamu bisa oleskan Indi Blend pada perut dengan gerakan memutar searah jarum jam. Indi Blend diformulasi untuk mengurangi gejala-gejala masalah pencernaan dan dapat menjaga fungsi pencernaan agar selalu sehat.

3. Kulit gatal dan kemerahan

Ketika musim hujan, udara akan menjadi lebih lembap dan hal ini bisa menimbulkan masalah pada kulit. Kelembapan udara yang tinggi dapat menyebabkan pertumbuhan jamur dan bakteri di permukaan kulit, yang dapat mengakibatkan kemerahan dan rasa gatal. Maka dari itu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan tubuh dan mengenakan pakaian yang bersih ketika musim hujan datang.

4. Demam berdarah dengue

Musim hujan sering kali menjadi musim berkembangnya nyamuk Aedes aegypti yang merupakan pembawa virus demam berdarah dengue. Agar Peek.Me Friends terhindar dari serangan demam berdarah dengue, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal, hindari genangan air di sekitar rumah, dan kenakan pakaian yang melindungi tubuh. Kamu juga bisa semprotkan Outdoor Saver Spray pada kulit agar terhindar dari gigitan nyamuk membandel. 

5. Tifus

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi ini juga sering muncul di musim penghujan. Kontaminasi air dan makanan dapat menjadi sumber penularan penyakit ini. Subaha terhindar dari penyakit tifus, pastikan bahwa kamu selalu memasak makanan dengan benar dan selalu memilih air minum yang aman.

Nah, supaya tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit ketika musim hujan melanda, Peek.Me Friends bisa mencoba tips sederhana di bawah ini:

  • Istirahat yang cukup dan tidur 7-8 jam per hari.
  • Makan makanan yang bergizi dan minum cukup air putih.
  • Selalu jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.
  • Gunakan Immuno dari Peek.Me! Immuno adalah essential oil blends yang terbuat dari campuran berbagai minyak atsiri alami dan ampuh dalam menghalau virus, kuman, dan bakteri di sekeliling kita.

Semoga sehat selalu, Peek.Me Friends!

Sumber:

UPK Kemenkes RI

Halodoc

#HidupMenyeluruh #ArahKebaikan

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out