Cara Mengatasi Stress Eating dengan Metode STOP!

Stress eating dapat menyabotase upaya pola makan sehat hingga berat badan kamu. Hal baiknya, kamu bisa lakukan beberapa langkah instan yang telah terbukti efektif. Simak langsung caranya, yuk!

Peek.Me Friends, pernah nggak saat  merasa emosional secara negatif, rasanya diri kita sangat lemah untuk menolak dorongan terhadap keinginan makanan atau food craving? Pelarian pada makanan membuat kenyamanan ketika mengalami berbagai emosi, hal ini dilakukan baik secara sadar ataupun tidak.

Diambil dari situs Mayo Clinic, stress eating, merupakan respon pelarian kita pada makanan untuk menekan atau menenangkan emosi negatif seperti stres, marah, bosan, takut, sedih, dan kesepian. Emosi kita berdampak pada pola makan yang membuat kita merespon secara otomatis dengan mencari cemilan saat mengalaminya.

Hal ini dapat menyebabkan siklus tidak sehat, ketika emosi negatif sedang muncul dan kamu memutuskan untuk makan berlebih, maka akan sulit untuk menjaga pola makan yang baik. Fakta yang menyesakan adalah, efek melampiaskan pada makanan ini hanya sementara, emosi yang kamu rasakan akan kemungkinan besar kembali muncul.

Baca Juga: Apa Itu Mindful Eating? Yuk Kita Pelajari!

No More Stress Eating!

Hal baiknya, meskipun kamu rentan terhadap stress eating ini, kamu bisa melakukan beberapa langkah untuk mendapatkan kendali pola makan yang baik sesuai jalur, terutama bagi kamu yang sedang ingin menuju body goals.

Dikutip dari konten kreator sekaligus dokter kesehatan mental, Bandoro Gunarso, memetakan beberapa langkah instan mengatasi stress eating dengan metode STOP yang telah dicoba dan terbukti efektif. Apa itu? Yuk, langsung kita bahas!

1. S: Space

Buat jarak agar kamu sulit menggapai makanan ataupun cemilan, kamu bisa mencoba untuk kosongkan area snack corner dan budget untuk food delivery pada aplikasi. Itu akan sangat membantu kamu terhindari dari respon otomatis untuk mengambil cemilan ataupun makanan dan menahan diri dari hal tersebut.

2. T: Time

Ketika kamu merasa stres atau emosi negatif muncul dan adanya dorongan untuk food craving, set timer kamu selama 30 menit dan hindari melakukan pemesanan atau mengambil makanan sebelum alarm kamu berbunyi.

3. O: Observe

Stress eating yang berasal dari emosi, maka sebaiknya kamu duduk tenang sambil menghela napas inhale & exhale terlebih dahulu. Lalu, amati apakah inti permasalahan yang membuat kamu merasakan hal-hal tersebut. Carilah solusi untuk meredakan perasaan kamu dengan hal-hal yang kamu senangi.

4. P: Plan

Waktu dorongan food craving muncul di luar jam makan kamu, cobalah membuat perencanaan mendetail kegiatan atau rutinitas yang perlu dilakukan, seperti minum, mengobrol dengan teman, atau berolahraga.

Agar memaksimalkan pola makan yang terbebas dari stress eating, kami merekomendasikan menggunakan inhaler Bye Bye Laper! Cara praktis yang bisa kamu coba lakukan, cukup dengan menghirup inhaler Bye Bye Laper akan membantu mengirim sinyal kenyang pada otak dan perut.

Inhaler berbasis aromaterapi, Bye Bye Laper dapat membantu mengurangi keinginan food craving agar kamu tidak makan berlebih tanpa memberikan efek samping, lho. 

Sumber:

Mayo Clinic

Bandoro MD

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay




Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out