Menyelarasakan Kembali Diri Agar Terhindar dari Post-Holiday Syndrome

Setelah kembali dari liburan panjang, tapi kok justru kita merasa suasana hati berantakan, pikiran kosong, hingga merasa sendiri? Peek.Me Friends, tak perlu khawatir bisa jadi kamu sedang mengalami post-holiday syndrome. Bagaimana cara mengatasinya? Yuk, cari tahu!

Setelah melakukan liburan atau perjalanan panjang yang sebenarnya menyenangkan dan baik-baik saja, tetapi setelah kembali ke rumah kok justru merasa pikiran hampa dan suasana hati berantakan? Peek.Me Friends, tidak perlu khawatir karena bisa jadi kamu sedang mengalami post-holiday syndrome.

Dikutip dari situs Tirto.Id, menjelaskan post-holiday syndrome disebabkan karena penurunan adrenalin. Ini adalah fase saat otak memulihkan kembali antara kegiatan atau pengalaman yang begitu berbeda. Seperti kita tahu, liburan dengan melakukan staycation atau travelling itu menerobos rutinitas dan kegiatan kita diluar dari biasanya.

Seperti dilansir dari lama VeryWell Mind, beberapa tanda emosi umum yang dirasakan saat mengalami post-holiday syndrome yaitu:

  • Kekosongan pikiran
  • Suasana hati yang buruk 
  • Mudah marah dan tersinggung
  • Merasa sendiri
  • Merasa tidak termotivasi

Perasaan-perasaan tersebut muncul karena kita merasa tiba-tiba harus kembali menghadapi rutinitas dan pekerjaan sehari-hari seperti biasanya. Untuk itu, kita perlu melakukan beberapa hal agar terhindari dari depresi atau post-holiday syndrome setelah melakukan liburan atau perjalanan panjang.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Post-Holiday Syndrome

Hal ini mungkin sering tidak kita sadari, karena mungkin tidak berangsur lama, namun ketika dibairkan membuat rutinitas kita ikut berantakan. Oleh karena itu, yuk mencoba beberapa tips di bawah ini agar dapat kembali menyelaraskan energi kita dengan jadwal rutinitas sehari-hari. 

1.Berolahraga ringan

Melakukan olahraga ringan atau jalan-jalan santai sekitar rumah membuat kita dapat lebih bahagia dan mendapatkan hormon endorfin, sehingga dapat mengurangi rasa stres.

2.Tidur yang cukup

Ketika kita merasa low-energy atau pikiran kita kosong, itu dapat disebabkan karena kelelahan secara fisik. Oleh karena itu, mendapatkan waktu tidur yang cukup sangat berkontribusi untuk memulihkan kondisi fisik dan mental kita.

3.Mengkomunikasikan kondisi kita

Menyampaikan suasana hati dan pikiran kita kepada keluarga, agar orang-orang terdekat dapat mengetahui dan membantu diri kita saat kita merasa energi kita tidak banyak, sehingga tidak menyebabkan peristiwa atau hal-hal yang membuat kesalahpahaman.

4.Pola makan yang baik

Apa yang kita konsumsi sangat berdampak pada energi kita, mengatur waktu makan dengan pola makan bergizi akan sangat membantu kita mengelola stres.

5.Rekomendasi kami: hirup inhaler Hello Sunshine

Beri waktu sehari atau dua hari untuk melakukan perawatan diri yang menenangkan pikiran serta mental agar dapat memproses situasi dengan lebih jernih. Inhaler Hello Sunshine berbasis aromaterapi dan 100% alami yang aman untuk mengurangi ketegangan dan rasa cemas pada diri.

Post-Holiday Syndrome ini biasanya berangsur selama satu minggu setelah waktu liburan kamu, jadi Peek.Me Friends tidak perlu khawatir kalau kalian sedang mengalami ini. Rangkulah perasaan-perasaan kalian saat ini, dan lakukan beberapa tips agar kembali pada rutinitas dengan penuh semangat di awal tahun 2024.

Sumber:

Tirto.Id

Medical News Today

VeryWell Mind

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out