Flu dan Pilek Ternyata Berbeda Lho! Apa Saja Perbedaannya?

Flu dan Pilek Ternyata Berbeda Lho! Apa Saja Perbedaannya?

Sering dianggap sama, ternyata flu dan pilek merupakan dua penyakit yang berbeda lho! Apa saja ya perbedaannya?

Tidak sedikit orang berpikiran bahwa flu dan pilek merupakan penyakit yang sama. Keduanya memang memiliki gejala yang mirip seperti bersin-bersin, sakit tenggorokan, serta hidung tersumbat. Meskipun memiliki gejala yang hampir sama, sebenarnya flu dan pilek merupakan dua penyakit yang berbeda lho! 

Melansir dari situs Kemenkes RI dan Alodokter, flu merupakan infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus influenza. Virus influenza sendiri terdiri dari beberapa jenis, seperti influenza A, influenza B, dan influenza C. Virus influenza tipe A dan B lebih umum menyebabkan wabah flu musiman yang lebih parah, sementara tipe C menyebabkan gejala yang lebih ringan dan jarang menyebabkan wabah.

Berbeda dengan flu, pilek atau common cold merupakan permasalahan kesehatan yang disebabkan oleh berbagai jenis virus, terutama virus rhinovirus. Pilek bersifat lebih mudah menular, namun biasanya gejalanya lebih ringan jika dibandingkan dengan flu.  

Baca juga: Bersin Terus Menerus? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sering dianggap sama, ternyata flu dan pilek merupakan dua penyakit yang berbeda lho! Apa saja ya perbedaannya?

Perbedaan Gejala Flu dan Pilek

Meskipun memiliki beberapa gejala umum yang mirip, flu dan pilek memiliki gejala lain yang perbedaannya cukup signifikan. Berikut adalah perbedaannya:

  • Gejala flu: biasanya muncul secara mendadak dan lebih parah daripada gejala pilek. Beberapa gejala flu yang umum terjadi adalah demam tinggi, nyeri otot, sakit kepala, lemah, menggigil, batuk, dan hidung tersumbat. Kadang-kadang, flu juga dapat menyebabkan mual dan diare. Umumnya keluhan flu berlangsung selama 1 hingga 2 minggu.
  • Gejala pilek: lebih ringan daripada gejala flu dan biasanya ditandai dengan hidung tersumbat atau berair, bersin-bersin, tenggorokan gatal, batuk ringan, dan rasa tidak enak badan. Pilek umumnya tidak disertai dengan demam tinggi, tapi tidak sedikit juga orang merasakan demam ringan ketika terserang pilek. Biasanya keluhan pilek berlangsung selama 1 minggu. 

Nah, supaya Peek.Me Friends dan keluarga terhindar dari flu dan pilek yang mengganggu, Peek.Me Friends bisa mencoba Flu Kit dari Peek.Me yang aman dan alami. Flu Kit sendiri terdiri dari tiga varian produk andalan Peek.Me yang terbukti ampuh dalam menghalau flu, batuk, dan pilek, seperti Nora Ninos, Relief Balm, serta Immune Booster. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi, menjaga kebersihan, dan istirahat yang cukup ya!

Bersama Peek.Me, mari kita nikmati hidup yang lebih #SehatTanpaObat!

Sumber:

Kemenkes RI

Alodokter

#HidupMenyeluruh #ArahKebaikan

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out