Mengenal Self-Awareness dan Manfaatnya untuk Diri

Mengenal Self-Awareness dan Manfaatnya untuk Diri

Ketika kita memahami arti dari self-awareness, sebenarnya kita telah membuka pintu bagi diri kita sendiri untuk terus tumbuh dan berkembang.

Peek.Me Friends, apakah kamu pernah mendengar istilah self-awareness? Belakangan ini, topik mengenai self-awareness tengah ramai dibicarakan oleh banyak orang. Tapi sebelumnya, apa sih yang dimaksud dengan self-awareness itu sendiri?

Menurut seorang psikolog bernama Kendra Cherry dalam situs Verywell Mind, self-awareness merupakan kemampuan untuk memahami diri kita secara mendalam, termasuk memahami kekuatan, kelemahan, emosi, dan reaksi kita terhadap lingkungan sekitar. Self-awareness merupakan “cermin” bagi diri sendiri untuk melihat siapa kita sebenarnya dengan penuh kesadaran.

Memiliki kemampuan self-awareness sangatlah penting bagi hidup kita, karena ketika kita memahami arti dari self-awareness, kita telah membuka pintu bagi diri kita sendiri untuk terus tumbuh dan berkembang. Selain itu, melalui pemahaman diri yang lebih dalam, kita juga dapat menciptakan hubungan yang lebih bermakna dengan diri sendiri dan orang lain.

Baca juga: 6 Tips “Me Time” untuk Ibu Baru Supaya Bebas Stres!

Mengenal Self-Awareness dan Manfaatnya untuk Diri

Manfaat Self-Awareness untuk Diri

Ada banyak manfaat yang bisa kita rasakan dengan memiliki kemampuan self-awareness. Melansir dari Positive Psychology, inilah beberapa manfaat yang bisa kita rasakan:

  • Memiliki manajemen emosi yang lebih baik. Dengan self-awareness, kita dapat mengenali emosi diri dengan lebih baik. Dengan demikian, kita akan menjadi lebih tenang dan lebih terkontrol dalam mengendalikan emosi. Kita juga bisa terhindar dari ledakan emosi yang berlebihan.
  • Meningkatkan kualitas hubungan sosial. Saat kita mengerti diri sendiri, kita juga akan lebih mudah memahami orang lain dan menghargai perbedaan mereka. Kemampuan ini dapat menciptakan ikatan empati yang kuat, membantu kita menjadi pendengar yang baik, dan menciptakan lingkungan sosial yang positif.
  • Lebih bijak dalam mengambil keputusan. Ketika kamu sudah mengenal dirimu sendiri dengan baik, kamu tidak akan gegabah dalam mengambil keputusan. Kamu sudah tahu apa yang terbaik untuk dirimu dan akan terhindar dari perilaku impulsif yang merugikan. 

Menerapkan Self-Awareness dalam Kehidupan Sehari-hari

Menerapkan self-awareness dalam kehidupan sehari-hari bisa Peek.Me Friends lakukan dengan berbagai cara. Contohnya, dengan melakukan refleksi diri, selalu berbicara jujur terhadap diri sendiri, dan meminta kritik serta saran dari orang-orang terdekat. Terkadang, pandangan orang lain dapat memberikan insight berharga tentang diri kita sendiri yang mungkin tidak kita sadari.

Peek.Me Friends juga bisa menerapkan self-awareness dengan melakukan meditasi dan yoga. Meditasi atau yoga dapat membantumu untuk lebih terhubung dengan diri sendiri dan dapat menenangkan pikiran. 

Sumber: 

Verywell Mind

#PahamBersamaPeekMe #HidupMenyeluruh #ArahKebaikan

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out