Hati-Hati! Inilah Dampak Buruk Sinar Ultraviolet pada Kulit

Hati-Hati! Inilah Dampak Buruk Sinar Ultraviolet pada Kulit

Paparan sinar ultraviolet yang berlebihan ternyata dapat memicu terjadinya berbagai permasalahan kesehatan pada kulit.

Peek.Me Friends, kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah sinar ultraviolet atau UV. Sinar ultraviolet merupakan sinar yang bersumber dari matahari dan terdiri dari beberapa jenis, namun yang paling umum adalah jenis UVA dan UVB. Dalam jumlah yang cukup, paparan sinar ultraviolet memberikan banyak manfaat bagi kesehatan seperti merangsang produksi vitamin D dalam tubuh, meningkatkan sistem imun, juga dapat mencegah stres dan depresi.

Meskipun menawarkan banyak manfaat, ternyata paparan sinar ultraviolet yang berlebihan dapat memicu terjadinya permasalahan kesehatan lho, terutama permasalahan kesehatan pada kulit. Melansir dari berbagai sumber, inilah beberapa dampak buruk sinar ultraviolet pada kulit:

Baca juga: Mengenal Eksim Kering: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Paparan sinar ultraviolet yang berlebihan ternyata dapat memicu terjadinya berbagai permasalahan kesehatan pada kulit.

1. Kulit merah dan terbakar

Paparan sinar ultraviolet yang berlebihan dapat membuat kulit kita menjadi kemerahan dan terbakar. Kulit juga bisa mengelupas dan terasa sangat perih jika tersentuh. 

2. Memicu melasma

Melasma adalah salah satu permasalahan kulit yang dapat disebabkan oleh sinar ultraviolet. Melasma sendiri merupakan kondisi di mana kulit mengalami hiperpigmentasi dan biasanya terjadi dalam bentuk bercak-bercak gelap di wajah. Bercak gelap melasma seringkali sulit untuk dihilangkan dan bisa mengganggu penampilan. 

3. Menghilangkan elastisitas kulit

Elastisitas kulit juga bisa menghilang jika kulitmu terlalu lama terpapar sinar ultraviolet, khususnya sinar UVA. Sinar UVA dapat merusak serat elastin dalam kulit kita. Elastin sendiri adalah protein yang memberikan kulit kita elastisitas dan kekenyalan. Ketika elastin rusak, kulit menjadi kurang elastis, dan ini bisa menyebabkan penampilan keriput dan kendur pada kulit. 

4. Menimbulkan kerutan

Kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan akan lebih cepat menua. Ini karena sinar ultraviolet dapat merusak kolagen, protein yang menjaga kulit kita tetap kencang dan lembut.

5. Meningkatkan risiko kanker kulit

Salah satu dampak terburuk dari paparan sinar ultraviolet yang berlebihan adalah dapat meningkatkan risiko untuk terserang kanker kulit. Sinar UVA dan UVB dapat merusak DNA dalam sel kulit, yang pada akhirnya dapat menyebabkan perkembangan kanker kulit. 

Supaya terhindar dari dampak buruk paparan sinar ultraviolet, jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan sunscreen pada kulit wajah dan badan sebelum berkegiatan di luar ruangan. Selain itu, gunakan juga pelindung tambahan seperti topi, payung, serta kacamata hitam. Hindari juga berjemur terlalu lama pada saat matahari terik ya, Peek.Me Friends!

Sumber:

Halodoc

Cleveland Clinic 

#HidupMenyeluruh #ArahKebaikan

 

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out