Sering Lapar Tengah Malam? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sering merasa lapar di tengah malam ternyata bisa menjadi tanda adanya masalah di dalam tubuh lho! Yuk kita cari tahu penyebab dan cara mengatasinya!

Sering merasa lapar di tengah malam ternyata bisa menjadi tanda adanya masalah di dalam tubuh lho! Yuk kita cari tahu penyebab dan cara mengatasinya!

Hampir setiap orang, setidaknya satu kali dalam hidupnya, pernah merasakan “serangan” lapar di tengah malam. Hal ini sebenarnya cukup wajar terjadi dan tidak begitu membahayakan kesehatan. Meskipun demikian, jika rasa lapar terlalu sering kamu rasakan di tengah malam, bisa jadi itu menandakan adanya suatu masalah di dalam tubuhmu.

Melansir dari situs kesehatan Hello Sehat, ada banyak faktor yang dapat memicu munculnya rasa lapar di tengah malam. Berikut di antaranya:

Baca juga: Sering Merasa Lapar? Cari Tahu Penyebabnya di Sini!

Sering Lapar Tengah Malam? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

1. Kurangnya asupan nutrisi di siang hari

Salah satu penyebab utama rasa lapar tengah malam adalah kurangnya asupan nutrisi yang kita dapatkan di siang hari. Jika kita melewatkan sarapan atau makan siang yang tidak cukup, tubuh akan merasa lapar di tengah malam.

2. Stres dan kecemasan

Stres dan kecemasan dapat memicu rasa lapar di tengah malam. Kadang-kadang, makanan menjadi pelarian dari tekanan pikiran yang kita alami. Pikiran yang stres dan cemas bisa membuat kita merasa lapar, terutama saat kita tidak dapat tidur karena pikiran yang terus menerus berputar.

3. Kebiasaan makan malam yang tidak sehat

Mengonsumsi makanan berat atau camilan tinggi gula sebelum tidur dapat memicu rasa lapar di tengah malam lho. Selain itu, kebiasaan mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana seperti roti tawar, nasi, atau camilan berbahan tepung juga dapat merangsang otak untuk terus memproduksi hormon lapar. . 

Cara Mengatasi Lapar Tengah Malam

Untuk mengatasi rasa lapar di tengah malam yang terlalu sering muncul, Peek.Me Friends bisa melakukannya dengan berbagai cara. Mengutip dari berbagai sumber, inilah cara mengatasi lapar di tengah malam yang bisa kamu coba:

1. Kenali penyebab rasa lapar

Pertama-tama, Peek.Me Friends perlu belajar untuk mengenal penyebab rasa lapar. Apakah itu rasa lapar yang nyata atau hanya karena bosan atau stres? Ketika kita lebih peka terhadap rasa lapar, kita dapat menghindari perilaku makan berlebihan pada malam hari.

2. Perbaiki pola makan

Cobalah untuk memiliki pola makan yang teratur sepanjang hari. Pastikan untuk tidak melewatkan sarapan, makan siang, dan makan malam.

3. Buat perencanaan makan (meal plan)

Membuat perencanaan makan sehari-hari dapat membantu kita untuk terhindar dari rasa lapar di malam hari. Buatlah daftar makanan yang sehat dan penuhi kebutuhan nutrisi harianmu dengan teratur. 

4. Makan lebih banyak protein

Mengonsumsi makanan berprotein dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan hanya mengonsumsi karbohidrat atau lemak. Oleh karena itu, tambahkan lebih banyak protein dalam menu makananmu. Peek.Me Friends bisa mengonsumsi telur, daging tanpa lemak, ikan, dan tahu.

5. Gunakan inhaler Bye Bye Laper dari Peek.Me

Untuk membantu mengendalikan nafsu makan di malam hari, kamu bisa mencoba inhaler Bye Bye Laper dari Peek.Me lho! Produk ini dapat membantu mengurangi keinginan makan berlebihan di malam hari, sehingga kamu bisa tidur dengan lebih nyenyak dan nyaman.

Jika Peek.Me Friends tetap sering merasa lapar di tengah malam meskipun sudah mencoba cara-cara di atas, sebaiknya kamu segera menghubungi tenaga kesehatan profesional seperti dokter atau ahli gizi ya! 

Semoga sehat selalu, Peek.Me Friends! 

Sumber:

Healthline

Hello Sehat

#HidupMenyeluruh #ArahKebaikan

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out