Jaga Kesehatan Pernapasan dengan Lakukan 5 Langkah Ini

Jaga Kesehatan Pernapasan dengan Lakukan 5 Langkah Ini

Polusi udara kian memburuk dan dapat mengancam kesehatan saluran pernapasan. Lakukan lima cara ini agar kesehatan pernapasanmu tetap terjaga!

Sejak pertengahan tahun 2023, kondisi udara di beberapa daerah di Indonesia terpantau semakin memburuk dan mengkhawatirkan. Udara yang pengap dan tidak segar kini sering dirasakan oleh banyak orang, dan mungkin Peek.Me Friends juga merasakannya. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan berbagai permasalahan serius, khususnya bagi kesehatan saluran pernapasan.

Melansir dari situs Sehat Negeriku Kemenkes RI, kondisi udara yang buruk dapat memicu terjadinya penyakit infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA lho, Peek Me Friends. Beberapa kondisi seperti tenggorokan kering dan gatal, batuk, sesak napas, hingga kanker paru-paru bisa terjadi karena tingginya paparan polusi udara terhadap saluran pernapasan kita. Serem banget, kan?    

Nah, untuk menjaga kondisi kesehatan saluran pernapasan agar tetap sehat di tengah tingginya polusi udara, ada langkah-langkah yang bisa Peek.Me Friends coba. Mengutip dari berbagai sumber, inilah lima langkah yang bisa kamu coba untuk menjaga kesehatan pernapasan:

Baca juga: Dampak Polusi Udara Bagi Kesehatan yang Harus Diwaspadai

Polusi udara kian memburuk dan dapat mengancam kesehatan saluran pernapasan. Lakukan lima cara ini agar kesehatan pernapasanmu tetap terjaga!

1. Menggunakan masker

Saat berada di luar rumah, pastikan untuk selalu menggunakan masker ya, Peek. Me Friends! Masker tidak hanya melindungi kita dari virus, tetapi juga dapat melindungi kita dari partikel-partikel berbahaya di udara. 

2.  Mengecek kondisi udara sebelum beraktivitas 

Sebelum merencanakan aktivitas di luar rumah, ada baiknya Peek.Me Friends memeriksa kondisi udara terlebih dahulu. Saat ini, banyak aplikasi dan situs web yang bisa memberikan informasi real-time tentang kualitas udara di daerahmu. Dengan begitu, kamu bisa memutuskan apakah aman untuk beraktivitas di luar atau lebih baik tinggal di dalam ruangan saja.

3. Menghindari sumber polusi dan asap rokok

Tahukah kamu bahwa asap rokok merupakan salah satu penyumbang utama polusi udara?  Jika kamu adalah seorang perokok, pertimbangkan untuk berhenti atau paling tidak mengurangi jumlah merokok. Selain itu, hindari juga untuk beraktivitas di daerah-daerah yang memiliki tingkat polusi tinggi, seperti daerah sekitar pabrik atau jalan raya yang padat.

4. Mengurangi aktivitas di luar rumah

Jika tidak begitu mendesak, usahakan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah ya, Peek.Me Friends! Melakukan berbagai aktivitas indoor seperti membaca buku, menonton film, atau berolahraga bisa kamu jadikan pilihan. 

5. Menggunakan air purifier di dalam ruangan

Untuk menjaga kualitas udara di dalam rumah, Peek.Me Friends juga bisa menggunakan air purifier. Alat ini dapat membantu menghilangkan partikel-partikel polusi yang ada dalam udara di dalam rumah, sehingga kamu bisa bernapas dengan lebih lega.

Selain mencoba langkah-langkah di atas, Peek.Me Friends juga bisa menjaga kesehatan saluran pernapasan dengan cara rutin berolahraga dan selalu makan makanan yang bergizi.Jika mengalami masalah pernapasan seperti bersin-bersin atau pilek, kamu juga bisa mencoba produk Nora Ninos dan Relief Balm dari Peek.Me sebagai pertolongan pertama!

Semoga sehat selalu, Peek.Me Friends! 

Sumber: 

Kemenkes RI

Klinik Pintar

#HidupMenyeluruh #ArahKebaikan

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out