Manfaat Calendula, Cegah Jerawat hingga Redakan Eksim

Manfaat Calendula, Cegah Jerawat hingga Redakan EksimSelain memiliki tampilan yang cantik, bunga calendula rupanya kaya akan manfaat kesehatan.

Peek.Me Friends, pernahkah kamu mendengar bunga calendula? Bunga calendula merupakan salah satu jenis bunga yang terkenal akan penampilannya yang cantik. Tidak hanya cantik, bunga yang satu ini juga memiliki sejumlah manfaat luar biasa untuk kesehatan, khususnya untuk kesehatan kulit. 

Menurut situs kesehatan WebMD, bunga calendula kaya akan kandungan senyawa istimewa seperti flavonoid, asam oleanolic, dan beta-karoten. Senyawa-senyawa ini memberikan calendula sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Nah, kira-kira apa saja sih manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh bunga calendula? Melansir dari berbagai sumber, inilah manfaat kesehatan dari bunga calendula:

Baca juga: Mengenal Manfaat Basil: Redakan Sakit Kepala hingga Stres

Manfaat Calendula, Cegah Jerawat hingga Redakan Eksim

1. Mencegah jerawat

Sebuah studi pada tahun 2012 menemukan bahwa ekstrak minyak calendula terbukti ampuh dalam mencegah timbulnya jerawat. Hal ini dikarenakan calendula memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antimikroba yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit, termasuk mencegah munculnya jerawat. 

2. Mencegah infeksi kulit

Selain dapat mencegah timbulnya jerawat, kandungan senyawa antibakteri dan antioksidan dalam bunga calendula juga terbukti efektif dalam mencegah terjadinya infeksi kulit. Mengoleskan krim atau minyak calendula pada area kulit yang rentan terhadap infeksi dapat membantu menjaganya agar tetap sehat.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Penelitian pada tahun 2013 menunjukkan bahwa ekstrak minyak calendula dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Kandungan antiinflamasi dalam calendula dapat membantu merangsang pertumbuhan jaringan kulit baru sehingga proses penyembuhan luka pun akan semakin cepat terjadi. 

4. Mengatasi ruam popok

Ruam popok atau diaper rash merupakan kondisi ketika kulit bayi meradang akibat penggunaan popok yang lembap. Untuk mengatasi ruam popok secara alami, Peek.Me Friends bisa menggunakan produk perawatan bayi dengan bahan utama calendula. Sifat antiinflamasi dan antibakteri dalam calendula dapat membantu mengurangi kemerahan dan iritasi yang sering muncul di area popok bayi.

5. Meredakan eksim

Meskipun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, sebuah studi pada tahun 2004 menemukan bahwa ekstrak minyak calendula dapat bekerja secara efektif dalam meredakan eksim kering. Kandungan antiinflamasi dalam calendula dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit eksim, meredakan gatal, dan membantu kulit pulih secara alami.

Untuk merasakan manfaat dari calendula, Peek.Me Friends bisa mencoba beberapa produk andalan Peek.Me seperti Dermarest dan Smooth Operator. Dermarest adalah essential oil blend yang 100 persen alami dan efektif untuk mengatasi permasalahan kulit seperti eksim, gatal, dan kulit bersisik, sedangkan Smooth Operator adalah campuran minyak atsiri yang ampuh untuk mencegah dan menyamarkan stretch mark. Kedua produk tersebut mengandung minyak atsiri calendula yang alami dan kaya akan manfaat lho!

Gimana Peek.Me Friends, apakah kamu tertarik untuk merasakan manfaat dari calendula dengan menggunakan Dermarest dan Smooth Operator? Tunggu apa lagi, coba kedua produknya sekarang juga dan rasakan manfaatnya! 

Sumber:

WebMD

Healthline

Hello Sehat

#PahamBersamaPeekMe

 

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out