Manfaat Eucalyptus, Legakan Napas hingga Tenangkan Pikiran

Manfaat Eucalyptus, Legakan Napas hingga Tenangkan Pikiran

Eucalyptus merupakan salah satu tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai obat-obatan herbal. Yuk kita kenali lebih dalam manfaat dari tanaman yang satu ini!

Peek.Me Friends, pernahkah kamu mendengar tanaman eucalyptus? Eucalyptus atau eukaliptus merupakan tanaman asli Australia yang terkenal akan khasiatnya untuk kesehatan. Sejak ribuan tahun lalu, eucalyptus sudah dimanfaatkan oleh masyarakat Tiongkok, India, dan Eropa sebagai alternatif pengobatan herbal. Bagian daun dari tanaman ini sering kali diekstraksi menjadi minyak atsiri.

Lantas, apa saja sih manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh tanaman eucalyptus? Melansir dari situs kesehatan Medical News Today, inilah berbagai manfaat eucalyptus untuk kesehatan yang harus kamu tahu.

Baca juga: Manfaat Minyak Lavender, Atasi Masalah Kulit hingga Kecemasan

1. Melegakan pernapasan

Salah satu manfaat eucalyptus yang paling dikenal adalah dapat membantu melegakan pernapasan. Minyak eucalyptus bersifat dekongestan dan dapat mengatasi berbagai masalah pernapasan seperti hidung tersumbat dan pilek. Sebuah studi membuktikan bahwa manfaat ini berasal dari senyawa eucalyptol yang terkandung dalam tanaman eucalyptus.

2. Mencegah gigitan serangga

Selain bermanfaat untuk melegakan napas, kandungan eucalyptol dalam eucalyptus juga dapat mencegah kulit dari gigitan serangga. Tidak hanya itu, penelitian pada tahun 2017 bahkan membuktikan bahwa minyak eucalyptus juga dapat mengusir kutu rambut pada anak-anak.

3. Meredakan sakit kepala

Tanaman eucalyptus mengandung banyak senyawa antiinflamasi, seperti eucalyptol dan limonene, yang dapat bertindak sebagai pereda nyeri. Menghirup aroma minyak atsiri dari tanaman ini dapat meringankan sakit kepala dan migrain.

4. Dapat menenangkan pikiran

Sebuah penelitian membuktikan bahwa menghirup aroma eucalyptus selama 30 menit dapat menurunkan tekanan darah dan menenangkan pikiran. Peneliti percaya bahwa senyawa eucalyptol dalam tanaman ini dapat meningkatkan aktivitas saraf parasimpatis, yakni saraf yang bertanggung jawab untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Untuk merasakan manfaat dari eucalyptus, Peek.Me Friends bisa mencoba beberapa produk Peek.Me seperti Think Light dan essential oil Eucalyptus. Think Light adalah inhaler aromaterapi yang berkhasiat untuk meredakan migrain dan sakit kepala biasa, sedangkan essential oil Eucalyptus adalah minyak atsiri yang efektif melegakan pernapasan, mengatasi gatal karena gigitan serangga, meringankan gejala flu-batuk-pilek, dan menjernihkan pikiran.

Perlu diingat, penggunaan essential oil Eucalyptus perlu dilakukan secara hati-hati, terutama jika kamu ingin menggunakannya secara langsung pada kulit. Sebelum menggunakan essential oil Eucalyptus dari Peek.Me, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada aromaterapis kami terlebih dahulu dengan klik link ini.

Sumber:

Medical News Today

Healthline

#PahamBersamaPeekMe

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out