Mengatasi Baby Blues: Ketika Ibu Merasa Sedih Setelah Melahirkan

Mengatasi baby blues setelah melahirkan bisa menjadi pengalaman yang menantang.

Mengatasi baby blues setelah melahirkan bisa menjadi pengalaman yang menantang. Pelajari cara untuk mengatasinya dengan mencoba tips di bawah ini.

Mengawali perjalanan sebagai seorang ibu bukanlah hal yang mudah, terlebih lagi setelah ibu melewati proses persalinan. Selain harus menghadapi perubahan besar dalam tubuh, ibu juga harus menyesuaikan diri dengan peran baru sebagai orang tua. Perubahan-perubahan tersebut dapat dapat memicu terjadinya kondisi baby blues pada ibu. Tapi sebelumnya, apa yang dimaksud dengan baby blues itu sendiri?

Melansir dari situs Alodokter, baby blues adalah kondisi psikologis yang umum terjadi pada ibu setelah melahirkan. Biasanya terjadi dalam beberapa hari pertama setelah kelahiran, dan ditandai dengan adanya perasaan sedih, cemas, mudah marah, dan mudah menangis. Kondisi baby blues umumnya tidak berlangsung lama dan bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu satu atau dua minggu.

Secara pasti, penyebab baby blues sendiri belum sepenuhnya diketahui. Namun, diperkirakan perubahan kadar hormon yang drastis adalah penyebab utama dari terjadinya kondisi ini. Selain itu, stres dan kelelahan juga dapat mempengaruhi kesehatan mental ibu baru. Apabila kondisi baby blues tidak ditangani dengan tepat, ibu akan mengalami kesulitan dalam proses mengurus anak dan dapat mengalami depresi pasca melahirkan. Hal ini tentu saja dapat membahayakan bayi dan diri ibu sendiri.

Jika ibu mengalami baby blues, cobalah beberapa tips di bawah ini yang mungkin dapat membantu:

Baca juga: 5 Tips agar Ibu Tetap Fit Setelah Melahirkan

Mengatasi baby blues setelah melahirkan bisa menjadi pengalaman yang menantang.

1. Beristirahat dengan cukup

Setelah melahirkan, tubuh dan mental ibu membutuhkan waktu untuk pulih. Maka dari itu, beristirahatlah sesering mungkin dan jangan biarkan dirimu merasa terlalu lelah.

2. Jangan ragu untuk meminta bantuan

Merawat bayi bisa merupakan tugas yang sangat menantang bagi seorang ibu baru, dan tidak ada yang salah dengan meminta bantuan. Jangan ragu untuk meminta bantuan dari suami, keluarga, atau teman terdekat jika ibu membutuhkannya.

3. Berbicaralah dengan orang terdekat

Berbicara dengan orang terdekat atau curhat dapat membantu meredakan tekanan pada ibu baru dan dapat memberikan perasaan lega. Ketika ibu merasa mumet atau sedih, berbicaralah dengan seseorang yang dapat mendengarkan dan memahami perasaanmu.  

4. Gunakan Mellow Free dan Hello Sunshine

Untuk meredakan rasa sedih dan cemas berlebih setelah melahirkan, ibu juga bisa menggunakan inhaler aromaterapi Mellow Free dan Hello Sunshine dari Peek.Me. Kedua inhaler tersebut terbuat dari bahan-bahan natural yang aman, sudah memiliki izin edar BPOM, dan terbukti efektif dapat menenangkan serta meredakan kecemasan berlebih. Diformulasi secara khusus oleh aromaterapis bersertifikat internasional, inhaler Mellow Free dan Hello Sunshine aman digunakan oleh ibu hamil dan ibu menyusui.

Jika kondisi ibu tidak kunjung membaik dalam jangka waktu dua minggu, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan tenaga profesional seperti psikolog atau psikiater ya! Ingatlah bahwa dirimu tidak sendirian dalam menghadapi perjalanan #MenjadiIbu.

#HidupMenyeluruh #ArahKebaikan #PahamBersamaPeekMe

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out