Masih Ragu? Kekuatan Aromaterapi Bisa Bermanfaat Untuk Brain Hack!

Kita manusia sebagai makhluk yang memerlukan kebiasaan serta rutinitas, akan selalu terikat dengan emosi sekecil apapun itu. Tanpa disadari, pentingnya menyeimbangkan emosi kita setiap hari, bahkan setiap saat akan sangat membantu mengoptimalkan hampir seluruh aspek dalam kegiatan sehari-hari.

Pastinya, Peek.Me Friends mengalami terkadang waktu bekerja kita mudah merasa stres karena dikejar target atau revisi yang nggak ada habisnya. Ibarat tubuh kita seperti sistem, aromaterapi bisa menjadi ‘hack’ yang bantu mengoperasikan sistem tubuh, pikiran, dan mental untuk merubah kode tersebut. Intinya, seperti booster baik untuk mood, motivasi dalam diri, dan mengontrol rasa kantuk.

Mengapa menggunakan aromaterapi bisa jadi hack yang ampuh? Dilansir dari situs Clarisa Ayllon, sebagai praktisi kesehatan dan kesejahteraan mental melalui aromaterapi, menyatakan bahwa indra penciuman kita 10.000 kali lebih sensitif dari panca indera lainnya. Sehingga, dengan wewangian aromatik jadi solusi efektif untuk membantu dalam melatih otak, mengendalikan emosi, hingga meningkatkan konsentrasi.

Lantas, bagaimana proses aromaterapi dapat berdampak pada kesehatan tubuh dan secara psikologis? Menurut Dr. Julia Jones, seorang penulis buku Neuron; Smart Wellness Made Easy, memaparkan adanya sel sensorik yang terletak pada indra penciuman akan terangsang saat menghirup molekul aromaterapi. Perpanjang sel reseptor sensorik ini akan terhubung dengan seikat neuron sensorik dalam struktur yang disebut bulbus olfaktorius.

Senyawa molekul aromatik dengan bau spesifik akan diidentifikasi oleh sel reseptor yang memicu respon elektrokimia. Impuls ini akan jalan ke otak dan dikirim langsung pada sistem limbik yang merupakan area untuk mengatur memori, motivasi, dan menginduksi keadaan emosional. Selain itu, pada wilayah sistem limbik terdapat amigdala yang berfungsi untuk mengatur emosi. Oleh karena itu, aromaterapi banyak digunakan untuk menyehatkan kondisi mental atau emosi.

Meningkatnya perhatian pada kesehatan mental saat ini, membuat penggunaan aromaterapi menjadi cara yang efektif serta solusi yang tidak membuat tersiksa untuk memudahkan kamu melakukan brain hack dalam memaksimalkan produktivitas sehari-hari.

Baca Juga: 5 Konsep Pengembangan Diri Buat Tingkatkan Produktivitas Kamu!

Produk Peek.Me untuk Brain Hack Agar Produktif Tanpa Stres?

Pertama, coba lakukan penggunaan aromaterapi saat kamu menginginkan cara ampuh untuk meningkatkan kinerja otak dan emosi. Jika kamu merasa hal ini cocok untuk kamu lakukan, hal kedua adalah coba memasukan ritual penggunaan aromaterapi pada rutinitasmu. Mengapa? Karena otak kita merupakan neuroplasticity alias fleksibel, sehingga membuat kebiasaan kecil baru yakni dalam hal ini menghirup aromaterapi dapat mengubah jalur saraf kita.

Inilah produk kesehatan Peek.Me yang bisa kamu coba sebagai brain hack untuk meningkatkan produktivitas:

1. Eureka

Inhaler alami membantu mengembalikan fokus dan meningkatkan rentang konsentrasi kamu. Aroma citrus dan spices yang membuat kamu segar dan bebas ngantuk.

2. Mellow Free

Saat pekerjaan penuh tekanan dan terjebak pada emosi negatif, inhaler natural ini dapat memberikan sinyal agar pikiran dan mental kita bisa berpikir lebih positif. Kandungan bioaktif linalool dan linalyl acetate  dalam Lavender essential oil memberikan efek restorasi pada tubuh, pikiran, dan mental. Sehingga, kamu nggak gampang terdampak stres.

3.  Rock A Bye

Tidur cukup dan berkualitas menjadi kunci produktivitas yang optimal, namun sering kali kita sulit tidur akibat overthinking, rasa stres, dan pikiran tegang. Minyak roller aromaterapi Rock A Bye, mengandung Marjoram essential oil yang mengurangi overthinking atau rasa cemas dan Roman Chamomile essential oil membawa kamu pada kondisi yang rileks dan tenang. 

4. Hello Sunshine

Saat kamu merasa sedang mengalami brain fog, creative block, atau merasa anxiety ketika menyelesaikan pekerjaan. Inhaler Hello Sunshine dapat membantu menenangkan serta mengurangi kecemasan dan juga dapat membuat kamu kembali berpikir jernih. 

5. Mindfulness EO

Essential oil blend dari Mindfulness EO, diformulasi untuk bantu kamu fokus tanpa terganggu banyak distraksi dan melatih kemampuan untuk menjadi mindful. Mindfulness dapat membuat kita lebih optimal karena melatih pikiran kita untuk hadir sepenuhnya pada hal yang sedang dilakukan. Jadi, Mindfulness EO ini  cocok untuk waktu-waktu produktifmu, lho.

Sumber:

Kompas.com

Sheerluxe

#PeekMeFirst #HealthyEveryWay

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out