Mengenal Buteyko Breathing, Belajar Bernapas Sehat

Sering alergi hingga tekanan darah tinggi? Salah satu penyebabnya adalah cara pernapasan yang buruk. Inilah teknik melatih cara bernapas sehat dengan Buteyko Breathing!

Ketika kita ingin memulai hidup sehat, sering kali berfokus terlebih dahulu pada asupan makan, pola tidur, dan aktivitas fisik. Ternyata, ada salah satu latihan yang juga perlu kita perhatikan yang mungkin bisa kalian tambahkan dalam memulai gaya hidup sehat.

Bernapas adalah kegiatan yang kita justru dilakukan setiap detiknya dan ribuan kali setiap harinya. Ternyata, tanpa disadari cara kita bernapas pun perlu teknik yang benar yang berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental. Teknik bernapas yang benar adalah ketika kita mengambil dan mengeluarkan napas melalui hidung dan hal ini seringkali tidak kita sadari karena terbiasa bernapas melalui mulut. 

Memangnya, kenapa yah bernapas dari mulut tidak disarankan? Hidung kita berfungsi sebagai filter udara untuk menyaring virus dan memaksimalkan karbondioksida agar disalurkan pada sel-sel tubuh. Sedangkan, mulut kita tidak memiliki filter tersebut dan membuat kadar karbondioksida yang masuk ke dalam tubuh tidak sepenuhnya maksimal. 

Melansir dari laman video podcast Zia Kusumardini bersama Adeline Windy sebagai certified sound healing therapist, mengatakan hidung kita sama seperti bagian tubuh lainnya, hidung memiliki otot yang perlu dilatih. Jika, otot tersebut jarang kita latih, maka fungsi filterisasi, antivirus, antiinflamasi area hidung juga tidak bekerja dengan baik.

Apa Manfaat Melakukan Buteyko Breathing?

Teknik pernapasan terapeutik Buteyko (BBT) diciptakan oleh seorang dokter dari Ukraina, bernama Konstantin Buteyko, pada tahun 1950-an.

Singkatnya, teknik Buteyko Breathing ini adalah cara bernapas untuk meningkatkan kontrol pernapasan untuk mengelola dan memperbaiki kondisi kesehatan seperti asma, alergi, dan tekanan darah. Melatih diri dengan Buteyko Breathing juga membantu meningkatkan kesadaran bernapas yang benar, karena setidaknya kita bernapas melalui hidung setidaknya 80% setiap harinya. Manfaat kesehatan yang didapatkan melalui latihan ini disadur dari situs GoodDoctor yaitu:

  1. Mengatur ritme pernapasan
  2. Bantu mengelola asma
  3. Mengurangi rasa cemas
  4. Meningkatkan kualitas tidur

Baca Juga: Jaga Kesehatan Pernapasan dengan Lakukan 5 Langkah Ini

Berlatih Buteyko Breathing? Inilah Caranya!

Menerapkan latihan teknik Buteyko Breathing sebaiknya dilakukan sebelum makan atau 2 jam setelah makan. Terdapat 3 tahap melatih teknik pernapasan Buteyko, semakin melatihnya maka kita dapat meningkatkan tahap maksimum dalam menahan pernapasan.

Tahap Persiapan

  • Duduklah di lantai atau kursi
  • Pertahankan postur tubuh tetap tegak
  • Rilekskan otot-otot pernapasan
  • Bernapas small breath in and out selama beberapa menit

Tahap Control Pause

  • Ketika kamu merasa tubuh dan napas sudah rileks
  • Gunakan tangan untuk menutup hidung dan menahan napas
  • Rasakan gerakan diafragma
  • Tahan napas hingga kamu mencapai batasan untuk ingin bernapas
  • Lalu, lepaskan tangan dan kembali bernapas secara normal selama 10 detik
  • Ulangi beberapa kali

Tahap Maximum Pause

  • Setelah hembuskan napas dengan rileks
  • Kembali menahan napas dan gunakan tangan untuk menutup hidung
  • Kali ini, tahan napas selama mungkin atau semaksimal mungkin 
  • Lalu, lepaskan tangan dan kembali bernapas secara normal selama 10 detik
  • Ulangi beberapa kali

Peek.Me Friends, tentunya teknik Buteyko Breathing adalah terapi pelengkap atau komplementer. Sebaiknya, dilakukan bersama perawatan kesehatan lainnya seperti perawatan klinis atau perawatan pendukung pernapasan lainnya. Salah satunya, kalian dapat melengkapi proses terapi pernapasan bersama inhaler Nora Ninos yang diperuntukan membantu berbagai gangguan pernapasan.

Inhaler berbasis aromaterapi, Nora Ninos, aman digunakan untuk bantu mengurangi gejala alergi pernapasan, meredakan alergen pemicu asma, dan mendukung pernapasan terasa lebih lega. Buat latihan teknik bernapas sehat kamu dengan aroma segar yang menenangkan agar tidak hanya lebih bersemangat tapi juga maksimal!

Sumber:

Healthline

GoodDoctor

#HealthyLittleHabits #HealthyEvery Way

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out