Self Reminder: Strategi Manajemen Energi untuk Raih Hidup Holistik

Startegi manajemen energi membantu maksimalkan pengembangan diri secara holsitik untuk meraih tujuan-tujuan baru di tahun 2024. 4 dimensi energi  yang perlu kamu ketahui dan tips cara mengelolanya agar kamu terbebas dari energy drains.

Menutup akhir tahun, mungkin sebagian kita mempersiapkan goals dan resolusi baru yang ingin dicapai di tahun baru. Tantangan yang begitu banyak di era modern ini, menuntut kita untuk terkoneksi terus dengan berbagai perkembangan agar dapat bertransformasi secara cepat dan selalu terdepan.

Saat ini, banyaknya narasi terhadap konsep well being, juga membuat kita berpikir bagaimana mencapai tujuan kita dengan tetap memperhatikan kesejahteraan & kesehatan diri. Salah satu hal yang Peek.Me Friends bisa pelajari yaitu, 'Strategi Manajemen Energi' agar dapat menyesuaikan diri dengan perubahan yang begitu cepat namun tetap terkoneksi dengan diri kita.

Mempelajari manajemen energi ini, membuat kita dapat mengelola antara batasan hidup pribadi dan profesional, karena waktu dan energi kita yang terbatas sedangkan perkembangan dunia ini begitu cepat dan tidak ada habisnya. Strategi manajemen energi, membuat kita dapat melihat kapan energi kita perlu di recharge kembali. Ketika kita dapat mengelola energi, maka kita dapat menjaga holistic well being diri untuk tetap sehat secara fisik dan mental menghapi berbagai kesulitan dan tantangan.

Baca Juga: Apa Arti Hidup Holistik? 4 Cara Ini Membawamu Pada Jawabannya

4 Dimensi Energi & Cara Mengelolanya!

Mungkin sebagian kita masih berpikir bahwa konsep energi itu hanya meliputi sisi emosi dan mental. Disadur dari Glints, ada empat dimensi energi pribadi yang harus selalu dipertimbangkan:

  1. Physical Energy

Energi fisik mengacu pada kesehatan jasmani, cara terbaik memulihkan energi dimensi ini berfokus pada hal-hal yang memberikan kesehatan pada fisik kita seperti; tidur yang cukup, mengkonsumsi makanan bergizi, berolahraga, dan lain sebagainya.

  1. Emotional Energy

Pada dimensi ini, kita perlu mengelola sisi emosi kita seperti stres atau emosi yang negatif. Tidak apa-apa jika emosi kita negatif, namun perilaku kita tidak juga harus negatif. Untuk itu, mengelola sisi emosi kita begitu penting agar kita dapat mengelola respon terhadap emosi kita.

  1. Mental Energy

Dimensi energi psikis, merupakan kekuatan pikiran kita untuk mencapai tujuan jangka panjang. Energi psikis berbeda dengan emotional energy, energi psikis kita berfokus pada hal-hal yang mengisi pikiran kita seperti berdikusi dengan orang lain atau mendengarkan asupan yang menginspirasi.

  1. Spiritual Energy

Spiritual Energy merupakan dimensi energi yang berfokus pada koneksi kita dengan Sang Pencipta. Dimensi ini akan menguatkan nilai-nilai hidup kita agar selaras dengan ajaran-ajaran yang baik. 

Jika di antara keempat dimensi energi sedang tidak berjalan dengan baik, maka kita akan mengalami energy drain yang membuat rasa kelelahan berlebih berdampak pada fisik, emosi, mental, dan spiritual kita. Pentingnya, memahami manajemen energi ini karena terkadang kita tidak mengetahui atau aware mengapa kita sering merasa kelelahan. 

Dalam video pemaparannya di Analisa Channel, dr Analisa Widyaningrum yang merupakan seorang psikolog serta CEO dari APDC Indonesia, mengatakan ada 4 cara terbaik untuk dapat mengelola keempat energi ini yaitu:

Manajemen Waktu

Mengelola waktu dan jadwal kita akan sangat membantu membagi mana prioritas yang perlu diselesaikan, ini membuat wiring pada otak kita lebih tersusun dan melihat segala halnya secara makro maupun mikro. Peek.Me Friends, bisa mencoba metode Eisenhower Decision Matrix.

Self-assessment Melalui Journaling

Cara kedua, metode journaling membantu kita untuk mengenali kondisi diri, kamu bisa menuliskan kebutuhan diri secara detail sesuai dengan keempat dimensi energi pribadi.

Meminta Masukan Orang Terdekat

Pastikan untuk memilih lingkup circle pertemanan yang positif dan mendukung untuk perkembangan diri lebih baik. Berbincang tentang masalah kita ini, juga membantu untuk melepaskan energi negatif dalam diri sehingga kita bisa mendapatkan dukungan baik secara emosional, mental, ataupun spiritual.

Identifikasi Energi Kita

Cari tahu penyebab yang membuat kita mengalami energy draining, identifikasi apakan physical energy atau emotional energy kita yang sedang mengalami kekurangan. Setelah mengetahuinya, maka kita dapat mengatasi permasalahan dengan solusi yang tepat.

Menurut Coaching Positive Performance, manajemen energi dapat memberikan banyak manfaat yaitu; meningkatkan produktivitas, mencegah stres atau burnout, mengetahui prioritas, dan meraih hidup holistik.

Strategi manajemen diri mengingatkan kita kembali untuk untuk melangkah lebih seimbang dan mengembangkan potensi diri kita lebih maksimal tanpa terputus koneksi dengan diri sendir di tahun baru ini.

#HealthyEveryWay #HealthyHappyWorthy

Sumber:

Analisa Channel

Glints

Coaching Positive Performace

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out