Olahraga saat Sakit Kepala, Memang Boleh?

Olahraga saat Sakit Kepala, Memang Boleh?

Berolahraga secara teratur dapat membuat tubuh terasa segar dan bugar. Namun, bolehkah kita tetap berolahraga saat sakit kepala melanda?

Siapa yang tidak pernah mengalami sakit kepala? Pasti hampir semua orang pernah merasakannya, termasuk Peek.Me Friends. Sakit kepala sendiri merupakan kondisi ketika kepala terasa nyeri, berat, dan terasa “nyut-nyutan.” Terdapat beberapa jenis sakit kepala yang umum terjadi, contohnya seperti migrain, sakit kepala tegang, sakit kepala klaster, dan sakit kepala sinus.

Kondisi sakit kepala dapat menyerang siapa saja, di mana saja, dan kapan saja, termasuk saat kamu hendak berolahraga. Ugh, pasti rasanya menyebalkan sekali ya? Sebenarnya, boleh nggak sih kita tetap berolahraga saat sakit kepala?

Baca juga: Jenis-Jenis Sakit Kepala yang Sering Terjadi, Apa Saja?

Berolahraga secara teratur dapat membuat tubuh terasa segar dan bugar. Namun, bolehkah kita tetap berolahraga saat sakit kepala melanda?

Olahraga saat Sakit Kepala: Boleh Dilakukan dengan Memperhatikan Beberapa Kondisi

Dilansir dari National Headache Institute, berolahraga saat sakit kepala sebenarnya boleh-boleh saja untuk dilakukan lho, Peek.Me Friends! Berolahraga justru dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk otak. Hal Ini dapat membantu mengurangi tekanan pada pembuluh darah di kepala yang bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Selain itu, berolahraga juga dapat melepaskan hormon endorfin yang dapat membantu mengurangi stres. Stres sering menjadi pemicu sakit kepala, jadi olahraga dapat membantu menguranginya.

Meski demikian, terdapat beberapa kondisi yang perlu kita perhatikan jika akan berolahraga saat sakit kepala. Adapun kondisi yang perlu diperhatikan yaitu:

  • Pastikan Peek.Me Friends tidak mengalami sakit kepala dengan intensitas yang berat. Jika merasa demikian, lebih baik Peek.Me Friends beristirahat dan memberikan waktu bagi tubuh untuk pulih.
  • Jangan berolahraga jika sakit kepala disertai dengan gejala lain, seperti mual, muntah, lemas, penglihatan terganggu, atau gejala lain yang serius. Jika mengalami gejala lain ketika sakit kepala menyerang, segera konsultasikan dengan dokter ya, Peek.Me Friends!
  • Lakukan olahraga dengan intensitas ringan seperti berjalan kaki, yoga, atau berenang santai. 
  • Pastikan untuk selalu mendengar tubuhmu sendiri. Jangan memaksakan diri untuk melakukan olahraga ketika kamu sedang sakit kepala.

Berolahraga secara teratur dapat membuat tubuh terasa segar dan bugar. Namun, bolehkah kita tetap berolahraga saat sakit kepala melanda?

Tips Berolahraga saat Sakit Kepala

Jika kamu memutuskan untuk tetap berolahraga saat sakit kepala, ada beberapa tips yang bisa kamu coba nih, Peek.Me Friends! Daripada penasaran, yuk simak penjelasan di bawah ini!

  • Mulailah olahraga secara perlahan. Pilih olahraga ringan dan mulailah dengan perlahan. Hindari loncat langsung ke sesi latihan berat dan jangan memaksakan diri untuk melakukan olahraga dengan intensitas tinggi.
  • Makan makanan ringan sebelum berolahraga. Mengonsumsi makanan ringan sebelum berolahraga dapat memberikan energi pada tubuhmu. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Kamu bisa mengonsumsi makanan ringan satu hingga empat jam sebelum berolahraga.
  • Lakukan pemanasan dan pendinginan. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga dan pendinginan setelahnya. Hal ini bisa membantu mencegah terjadinya cedera.
  • Jaga tubuh agar tetap terhidrasi. Pastikan untuk tetap menjaga hidrasi tubuh ketika berolahraga dengan minum cukup air putih. Kondisi tubuh yang kekurangan cairan dapat memperparah sakit kepala yang terjadi. Minumlah air putih sebelum, selama, dan sesudah kamu berolahraga.

Untuk terhindar dari serangan sakit kepala, penting bagi kita untuk selalu menjaga pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi dan cukup beristirahat. Selain itu, kamu  juga bisa menghirup inhaler Think Light dari Peek.Me agar terhindar dari serangan sakit kepala yang mengganggu. Terbuat dari campuran minyak atsiri alami, inhaler Think Light ampuh mengurangi migrain, pusing nyut-nyutan, dan sakit kepala tegang.

Jika sakit kepalamu tidak kunjung mereda atau justru semakin memburuk, lebih baik istirahat dan kunjungi dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Sumber:

National Headache Institute

Health Kompas

#HidupMenyeluruh #ArahKebaikan

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out