Manfaat Bergamot, Mengatasi Jerawat hingga Mengencangkan Kulit

Manfaat Bergamot, Mengatasi Jerawat hingga Mengencangkan Kulit

Selain memiliki aroma yang khas, bergamot juga kaya akan khasiat untuk kesehatan lho!

Peek.Me Friends, apakah kamu mengenal buah bergamot? Bergamot adalah buah yang berbentuk menyerupai jeruk nipis, memiliki rasa asam dan sedikit pahit, serta memiliki aroma segar yang khas. Buah yang satu ini memiliki ukuran yang kecil, namun menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan.

Melansir dari Healthline dan Halodoc, buah bergamot umumnya diolah kembali menjadi menjadi minyak atsiri (essential oil). Kandungan minyak dari buah bernama Latin Citrus bergamia tersebut dikenal memiliki banyak khasiat, mulai dari meredakan stres hingga mengencangkan kulit lho, Peek.Me Friends!

Selain dari tiga khasiat di atas, bergamot juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan lainnya seperti:

Baca juga: Mengenal Manfaat Peppermint untuk Kesehatan, Apa Saja Ya?

Selain memiliki aroma yang khas, bergamot juga kaya akan khasiat untuk kesehatan lho!

1. Mengatasi jerawat

Sebuah studi pada tahun 2019 menemukan bahwa minyak bergamot terbukti efektif dalam mengatasi jerawat. Minyak bergamot mengandung sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat dan juga membantu membersihkan kulit dari bakteri penyebab jerawat. Coba aplikasikan sedikit minyak bergamot yang telah dicampur dengan carrier oil pada jerawat yang membandel, dan rasakan niscaya jerawat pun akan ngacir dalam waktu singkat!

2. Dapat meredakan stres dan menjaga kestabilan mood

Penelitian pada tahun 2017 menemukan bahwa aroma pada minyak bergamot dapat meredakan stres, meningkatkan suasana hati, dan membantu menjaga kestabilan mood. Cukup tambahkan beberapa tetes minyak bergamot ke diffuser untuk merasakan manfaatnya.

3. Meredakan kolesterol

Melansir dari Healthline, bergamot juga terbukti efektif dalam meredakan kolesterol lho! Senyawa brutieridin dan meltidin yang terkandung dalam buah ini dapat membantu mengendalikan kolesterol jahat dalam tubuh. 

4. Mengurangi nyeri dan peradangan

Minyak atsiri bergamot memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan, baik yang disebabkan oleh gangguan kulit atau kondisi lainnya. Untuk mengatasi nyeri atau peradangan dengan bergamot, cobalah untuk mencampurkan beberapa tetes minyak bergamot dengan carrier oil favoritmu dan oleskan pada bagian tubuh yang nyeri.

5. Mengencangkan kulit

Selain dapat mengatasi jerawat dan mengurangi peradangan, kandungan antioksidan dalam bergamot juga dapat membantu merangsang produksi kolagen dan pembaruan sel pada kulit. Hal ini dapat membuat kulit kita tampak lebih muda, segar, dan kencang.

Untuk merasakan manfaat kesehatan dari buah bergamot, kamu bisa mencoba produk essential oil Bergamot dari Peek.Me lho, Peek.Me Friends! Produk ini terbuat dari 100 persen minyak atsiri alami yang diekstrak dari Citrus bergamia Fruit Peel Oil. Kamu bisa menggunakan essential oil Bergamot dengan dua cara: dihirup atau secara topikal (diaplikasikan langsung ke kulit). Namun sebelum mengaplikasikan produk ini pada kulit, pastikan untuk mencampur essential oil Bergamot dengan carrier oil terlebih dahulu.

Sumber:

Healthline

Halodoc

#PahamBersamaPeekMe

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out