Sering Sakit Kepala? Cara Aman dan Mudah yang Bisa Dilakukan di Rumah!

Kenapa kok aku sering merasa sakit kepala? Inilah tips meredakannya dengan cara aman dan mudah yang bisa kamu lakukan di rumah; mulai dari pola makan, pijat relfeksi yang bisa dilakukan sendiri, hingga solusi efektif tanpa konsumsi obat.

Menurut pengobatan Cina atau Traditional Chinese Medicine, sakit kepala merupakan sinyal pada tubuh yang menandakan adanya penyumbatan aliran energi dan darah, papar dr. Sungadi Santoso, dilansir dari video youtube SB30 Health.

Walaupun jenis sakit kepala berbagai macam, namun solusi untuk meredakan sakit kepala berfokus pada pelancaran aliran energi dan darah dalam tubuh kita. Sebelum mencari tahu solusinya, mari kita kenali beberapa jenis-jenis sakit kepala:

Migrain

Merupakan sakit kepala sebelah yang muncul karena stres, kurang tidur, dan kurang nutrisi. Jika, migrain terlalu sering muncul, maka perlu diperhatikan lebih dalam karena dapat menjadi tanda awal adanya infeksi dalam saraf otak.

Tension Type Headache (TTH)

TTh merupakan sakit kepala karena tegangan dalam otot yang membuat rasa tarikan dari kepala, leher, hingga pundak. Sakit kepala ini biasanya terjadi dalam kurun waktu 30 menit saja atau mencapai 1 minggu.

Cervicogenic

Sakit kepala yang terasa nyeri pada bagian atas kepala hingga leher, biasanya diakibatkan karena terlalu banyak beraktivitas hingga merasa kelelahan.

Sakit Kepala Cluster

Jika kamu mengalami cluster headache, maka tidak hanya merasa sakit di bagian pinggir pelipis mata kepala namun juga terasa hingga belakang mata. 

TMJ

Sakit kepala pada sekitar pelipis yang terjadi karena rahang mengunyah atau berbicara terlalu cepat.

Baca Juga: Sakit Bahu Mengganggu! Atasi dengan 3 Gerakan Peregangan Ini

Tips Meredakan Sakit Kepala yang Bisa Dilakukan di Rumah?

1. Mengelola Pola Makan

Aliran energi dan darah sangat bergantung pada makanan yang kita konsumsi setiap harinya, karena apa yang konsumsi akan masuk ke dalam darah dan meridian (jalur lintas energi dalam tubuh).

Pola makan yang perlu diatur untuk mengatasi sakit kepala, yaitu konsumsilah makanan real food yang merupakan bahan makanan dari alam seperti sayur segar, buah-buahan, dan biji-bijian. Salah satu makanan yang membuat sakit kepala mereda dan tubuh lebih nyaman, kalian bisa mencoba bubur yang dicampur dengan bawang daun, bawang putih, dan jahe. Bubur dapat meningkatkan daya tahan tubuh, melawan bakteri & virus, serta meredakan hipertensi.

2. Pijat Refleksi

Tips memijat yang aman untuk mengatasi sakit kepala yang bisa kamu lakukan sendiri adalah memijat secara perlahan dengan tekanan yang lembut pada titik tertentu terutama pada area otot dan bukan area yang berbahaya. 

  • Mulai dari kedua titik di area depan alis, pijat memutar searah jarum jam.
  • Selanjutnya, pijat area sepanjang dahi dengan kedua tangan lalu tarik hingga berakhir di pelipis dahi dan berikan gerakan memutar. Rasakan jika ada otot yang muncul, namun tetap berikan tekanan yang lembut.
  • Lalu, tarik dengan perlahan dari pelipis samping dahi ke area dahi belakang.
  • Untuk peregangan, putar leher ke kiri dan pijat dari atas ke bawah area leher hingga pundak. Pastikan untuk memijat hanya bagian otot dan lakukan pada sisi sebelahnya.
  • Terakhir, berikan penekanan ringan pada bagian lebih keras di pundak dan lalu tarik ke pinggir.

3. Rekomendasi Kami: Gunakan Think Light

Mengurangi konsumsi obat-obatan yang terjual bebas tanpa resep dokter, kalian bisa mencoba inhaler alami Think Light. Formulasi 100% minyak atsiri bermanfaat untuk mengurangi sakit kepala, migrain, pusing nyut-nyutan, dan tension headache tanpa efek samping. 

Cukup hirup Think Light dari masing-masing lubang hidung sambil menutup lubang sebelahnya dan lakukan sebanyak 2 kali. Think Light solusi anti-migrain yang aman dan mudah sebagai terapi di rumah untuk meredakan sakit kepala.

Sumber:

Nakedpress

SB30Health

Kata Dokter

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out