Tips & Manfaat Fitness Bagi Perempuan!

Kekuatan otot ternyata punya peran besar untuk investasi diri kita nanti. Melalui functional fitness akan memperkuat kekuatan inti tubuh dan perbaikan postur yang mendukung kamu sehat dan bebas jompo!

Sebelum memulai kegiatan atau selepas bekerja, saat ini pergi ke gym telah menjadi salah satu gaya hidup, terutama bagi para wanita yang memiliki kesibukan, nge-gym jadi pilihann yang memudahkan kita untuk dukung kesehatan. 

Selain untuk membentuk body goals, ternyata olahraga fitness memiliki banyak manfaat lainnya yang akan sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari sekaligus bebas dari gejala-gejala jompo. Jika, kamu memiliki keluhan setiap harinya seperti sakit badan, mudah pegal-pegal, dan lemas, saatnya kita mulai aware bahwa tubuh justru perlu banyak bergerak aktif. 

‘Tapi, aku harus mulai dari mana?’ atau ‘Aku ingin meraih body goals, apakah aku perlu langsung melakukan diet dan fitness dengan high intensity?’ Nah, mari kita bahas tips dan manfaat fitness ini yang akan banyak merubah hidup kamu sehari-hari!

Dalam kanal youtube Zia Kusumarwadini bersama Yosephine Widowati, seorang personal trainer fitness membagikan tips-tips membentuk otot yang fungsional bagi wanita. Dalam obrolannya, tips gerakan, intensitas, asupan makanan, hingga banyaknya repetisi yang baik bagi wanita, tergantung pada tujuan dan intensi dari masing-masing individu. Tetapi, hal yang penting diingat adalah, mulailah secara perlahan, bertahap, dan sesuai situasi juga kondisi kamu. 

Bagi wanita yang memiliki fase-fase tertentu, seperti ketika hormonal stage atau haid, saat hamil, dan setelah melahirkan, tentunya memiliki perbedaan loads olahraga yang dilakukan dari segi berat, repetisi, dan range of motion. Salah satu saran dari yosephine widowati, functional fitness menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang memiliki keseharian bekerja, merawat anak, suka traveling, atau melakukan kegiatan yang menuntut kita tidak bisa banyak bergerak. 

Functional fitness melingkupi latihan gerakan-gerakan yang bermanfaat untuk aktivitas sehari-hari kita yang sering tidak disadari, sehingga berfungsi untuk gerakan kehidupan keseharian kamu. Gerakan functional fitness ini menguat core muscles dan perbaikan postur yang mendukung kamu lebih kuat dan sehat dalam apapun kegiatan hari-hari kamu. 

Lantas, mengapa begitu penting untuk menguatkan otot kita? Membangun otot merupakan investasi kita di masa tua, otot lah yang akan mendukung tulang dan sendi-sendi kita. Semakin kuat otot, maka semakin sedikit masalah pada tulang, postur, dan sendi-sendi. Memperkuat muscle core kita juga membuat tubuh sehat dalam permainan jangka panjang.

Menurut seorang personal trainer, Shelly Mayfield, manfaat memperkuat otot kamu akan membantu:

  • Pencegahan cedera otot
  • Meningkatkan keselarasan postur
  • Mengurangi resiko masalah kardiovaskular dan diabetes
  • Memperbaiki metabolisme
  • Meningkatkan kesehatan tubuh

Kalau kamu tertarik untuk mulai olahraga ini, yuk langsung simak tipsnya!

Baca Juga: Meningkatkan Latihan Otot, Mengurangi Beban Hidup?

1. Mulai dengan latihan bodyweight

Gerakan bodyweight sangat cocok bagi pemula, karena dapat bantu mempelajari dan menyempurnakan 6 gerakan fungsional melalui gerakan; squat, lunge, push, pull, dan carry.

Hal yang kamu butuhkan hanyalah diri kamu sendiri dan gerakan-gerakan ini tanpa disadari membantu kamu melakukan aktivitas harian lebih nyaman, bebas sakit badan, dan juga lebih kuat. Mulailah perlahan dengan gerakan low intensity, karena otot akan lebih baik dan kuat ketika kita melatihnya secara bertahap. Saat kita langsung mengejar muscles built dengan high intensity, maka beresiko terkena cedera otot. Jadi, tetaplah mindful dan dengarkan kondisi tubuh kamu, ya Peek.Me Friends.

Bagi kamu yang ingin fokus memperkuat tubuh, lakukan 3-5 repetisi pada setiap gerakan, sedangkan untuk mendorong hipertrofi otot berkembang lebih besar maka lakukan 8 -12 repetisi dalam setiap gerakan.

2. Jangan takut menambah beban

Setelah mempelajari form gerakan bodyweight yang tepat, kamu bisa mulai menambahkan beban. Otot akan lebih berkontraksi untuk melatihnya keluar dari zona nyaman, sehingga kekuatan otot meningkat dari sebelumnya. 

Berbanding terbalik dengan lemak, otot sangat sulit dibentuk, namun sangat mudah untuk hilang. Sedangkan, lemak sangat mudah terbentuk, namun sangat sulit untuk dihilangkan. jadi, jangan takut untuk menambahkan beban ya, ladies. Karena berbeda dengan pria, wanita terbilang lebih sulit untuk membentuk otot.

3. Fokus asupan nutrisi untuk otot

Meskipun bertujuan untuk meraih body goals, namun untuk membentuk otot, kamu justru perlu menambah porsi makanan dengan memperbanyak surplus calories food dan makan protein tanpa lemak. 

Protein yang berakar dari bahasa yunani yaitu ‘proteios’ bermakna ‘pertama atau utama’. Ya, protein dapat mempercepat pemulihan saat kamu sakit, menyembuhkan jaringan tissue dalam tubuh, serta memperkuat pembentukan otot-otot. Sehingga, begitu penting untuk menambahkan protein di meal plan kamu, tentunya tambahkan elemen lainnya juga ya.

Protein sangat penting untuk memperbaiki kerusakan otot akibat olahraga terlalu keras. Sumber protein tanpa lemak yang bisa kamu konsumsi seperti; telur, salmon, dada ayam, yogurt, udang, tahu, dan edamame. 

4. Istirahat dan relaksasi tak kalah penting!

Ya, istirahat tidur tidak kalah penting bagi kesehatan kamu, karena otot akan memperbaiki dengan sendirinya saat kita tertidur. Waktu tidur terbaik untuk memulihkan tubuh kita yaitu pada pukul 22.00 - 02.00, sedangkan pemulihan mental pada pukul 02.00 - 05.00 pagi.

Meskipun olahraga baik bagi tubuh, namun otot kita pun perlu beristirahat. Berikan waktu sebanyak 2 hari untuk otot pulih kembali dengan meminimalkan aktivitas fisik yang berat. Gunakan alat bantu pemulihan seperti filler foam atau melakukan aliran yoga restoratif jika kamu ingin tetap berolahraga. 

Salah satu tips, yang jangan terlewat juga, Peek.Me Friends tak perlu khawatir jika perut masih terasa sedikit bergelambir meskipun telah memulai berolahraga. Faktanya, perut merupakan bagian terakhir dari tubuh dalam proses pembakaran lemak. Jadi, jangan khawatir jika perut kita masih terlihat sedikit bergelambir, karena kamu sebenarnya sudah melakukan progres.

Agar membantu pembakaran lemak dan fluid retention pada area perut dapat menyusut lebih cepat, oleskan Belly Balm, yuk! Balsam alami ini bekerja melancarkan peredaran darah, meningkatkan metabolisme, mengurangi fluid retention, dan bantu pembentukan massa otot yang membuat pembakaran lemak di perut lebih cepat.

Tidak hanya pada area perut, Belly Balm juga bisa dioleskan pada bagian tubuh lainnya yang sedang ingin kamu bentuk otot. Gunakan Belly Balm sebelum berolahraga dan aplikasikan rutin selama 6 minggu berturut-turut untuk melihat hasilnya.

Peek.Me Friends percayalah saat kita merawat, memperhatikan, dan menghormati tubuh kita, maka tubuh akan memberikan lebih!

Sumber:

Zia Kusumawardini

Merdeka.com

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out