Langkah untuk Ibu Menyusui dengan Lebih Tenang dan Bahagia

"The newborn has only 3 demands; they are warmth in the arms of its mother, food from her breast, and security in the knowledge of her presence. Breastfeeding satisfy all three." - Grantly Dick-Read

Perjalanan menjadi Ibu tidaklah selalu mudah, tapi selalu layak untuk diperjuangkan. Begitu juga dengan perjalanan mengASIhi, rasanya tidak ada cara paling sukses, ataupun gagal saat Ibu belum bisa menyusui buah hati sepenuhnya. Semuanya adalah perjalanan untuk belajar dan mensyukuri setiap momennya.

Jadi, bagi kamu Moms to be atau para Ibu yang sedang menjalani fase menyusui, kolom artikel ini sebagai bentuk berbagi tips untuk menemani perjalanan Ibu menyusui tanpa banyak stres dan cemas. 

Moms, tantangan dan rutinitas yang terus menerus saat menyusui, terkadang membuat kita kelelahan dan khawatir berlebih, sehingga dapat memicu rasa stres. Terutama, kondisi mental ibu yang tidak begitu stabil atau mengalami postpartum terutama di masa awal-awal setelah melahirkan. 

Dilansir dari halaman Ibu dan Balita, menyatakan 80% wanita mengalami perubahan emosi sejak 2-3 hari pasca melahirkan. Perubahan hormonal ini bisa berlanjut pada 2 hingga 3 bulan selanjutnya. Rasa stres dapat menurunkan produksi ASI, karena ada 2 jenis hormon yang berpengaruh besar pada kelancaran pemberian ASI yaitu hormon prolaktin dan oksitosin, diambil dari situs Genbest.

Hormon prolaktin secara alami akan ada dalam tubuh Ibu mendekati waktu persalinan, sedangkan hormon oksitosin yang memberikan efek tenang, dipengaruhi saat Ibu bonding bersama buah hati melalui sentuhan, tatapan, atau pelukan. Kedua hormon ini dipengaruhi oleh kondisi psikologis Ibu, oleh karena itu rasa stres berlebih dapat menurunkan produksi ASI, sebaliknya ketika emosi dan mental Ibu lebih tenang dan sejahtera, produksi ASI akan lebih lancar dan meningkat.

Baca Juga: Ibu Harus Tahu! Inilah 6 Mitos dan Fakta Seputar Menyusui

Tips Ibu Bebas Stres dan Lebih Rileks!

Beberapa tips ini bisa Moms coba lakukan saat merasa pikiran mulai jenuh, mood semrawut, atau emosi lebih negatif. Lakukan langkah-langkah ini sebelum rasa stres lebih terasa semakin rumit:

1. Mandi air hangat

Air hangat akan bantu mengurangi ketegangan otot, meningkatkan sirkulasi aliran darah, merangsang pelepasan hormon endorfin atau happy hormone, dan menenangkan pikiran. Moms, bisa jadikan kegiatan mandi sebagai waktu me time, meskipun hanya memiliki waktu sebentar, fokuskan pikiran kamu untuk lebih tenang dan mindful.

2. Sempatkan olahraga

Seperti kita tahu, olahraga akan membuat tubuh mengeluarkan hormon dopamin, sehingga kamu nggak rentan terkena stres. Meskipun sulit memiliki waktu olahraga, Moms, tidak perlu lakukan olahraga berat. Cukup 30 menit jalan pagi atau lakukan peregangan yang mengendurkan otot-otot, sehingga aliran darah tidak menyumbat, nafas dan pikiran juga lebih lega.

3. Konsumsi asupan yang baik untuk produksi ASI

Tentunya makanan-makanan sehat akan baik untuk produksi dan kualitas ASI, beberapa tips varian makanan yang baik dikonsumsi untuk ASI lebih lancar, berikut:


Bawang putih, mengandung senyawa galactagogue untuk meningkatkan produksi ASI

Oatmeal, memiliki zat besi yang tinggi untuk memicu produksi ASI

Sayuran wortel, bayam, brokoli, ddan ubi mengandung vitakin, zat besi, kalsium, dan folat yang melengkapi nutrisi ASI

Biji wijen, mengandung mineral kalsium tinggi bermanfaat untuk memperbanyak produksi ASi

Makanan lainnya yang bantu melancarkan ASI yaitu asupan protein seperti kacang, susu almond, telur, dan daging rendah lemak.

4. Komunikasikan pada orang terdekat

Hal yang tidak kalah pentingnya, sampaikan pada orang terdekat, terutama pasangan saat Moms merasa tidak baik-baik saja. Dukungan dan bantuan orang sekitar yang dipercaya dapat membantu, akan sangat berdampak pada kesehatan emosi dan mental Ibu.

Jadi ingatlah, kamu nggak sendiri, ya Moms!

5. Lakukan metode Box Breathing

Box breathing sederhananya, adalah latihan untuk bernapas perlahan, namun sepenuhnya. Bagaikan diagram kotak, box breathing, dimulai dari mengambil nafas selama 4 detik - tahan nafas 4 detik - hembuskan perlahan 4 detik - tahan nafas kembali 4 detik. Lalu, lakukan secara berulang selama 1-2 menit, ini adalah cara instan yang memberikan efek cukup besar dalam meredakan emosi.

Moms, bisa lakukan metode box breathing ini sambil menghirup Hello Sunshine. Inhaler 100% alami yang aman digunakan oleh Ibu menyusui untuk membantu Moms meredakan rasa cemas, ketakutan, stres, mental block, dan rasa overwhelm

Seperti namanya, Hello Sunshine, memberikan efek menenangkan dan menjernihkan pikiran serta emosi menjadi lebih cerah dan ceria! 

Sumber:

Genbest

Halodoc

Siloam Hospital

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out