Waduh, Inilah Dampak Stres bagi Kesehatan Wanita

Waduh, Inilah Dampak Stres bagi Kesehatan Wanita

Tidak hanya mengganggu kesehatan mental, rupanya stres juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh wanita lho!

Hampir setiap orang pernah mengalami stres, dan mungkin Peek.Me Friends juga pernah mengalaminya. Stres sendiri merupakan reaksi alami tubuh terhadap tekanan atau peristiwa dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan stres pada seseorang, mulai dari tingginya tuntutan pekerjaan, menumpuknya masalah keluarga, dan masih banyak lagi. 

Meskipun merupakan reaksi alami tubuh dan wajar terjadi, rasa stres tidak bisa kita biarkan begitu saja lho, Peek.Me Friends. Jika stres terus dibiarkan dan tidak kita kelola dengan baik, kondisi ini dapat memicu terjadinya berbagai permasalahan kesehatan, baik kesehatan fisik maupun mental. Waduh, ngeri banget ya?  

Lantas, kira-kira apa saja sih dampak dari stres bagi kesehatan? Melansir dari berbagai sumber, inilah dampak stres bagi kesehatan, khususnya bagi wanita, yang harus Peek.Me Friends tahu!

Baca juga: Panik Menyerang? Lakukan 6 Cara Ini Agar Tetap Tenang

dampak stres dapat menyebabkan jerawat

1. Kulit berjerawat

Yes, stres bisa membuat kulitmu menjadi lebih rentan untuk berjerawat lho! Hormon stres dapat merangsang produksi minyak berlebih pada kulit, sehingga dapat memicu jerawat dan masalah kulit lainnya.

2. Siklus menstruasi menjadi tidak teratur

Stres berlebih dapat mengacaukan siklus menstruasimu lho, Peek.Me Friends. Melansir dari Alodokter, stres dapat mengganggu produksi hormon siklus haid. Akibatnya, kadar hormon dalam tubuh menjadi tidak seimbang dan siklus menstruasi pun menjadi tidak teratur.  

3. Meningkatkan risiko obesitas

Sebuah studi pada tahun 2018 menunjukkan bahwa stres dapat meningkatkan risiko obesitas pada wanita. Stres dapat memicu perilaku makan secara berlebihan sebagai bentuk pelampiasan emosi. Hal ini bisa meningkatkan risiko obesitas yang berdampak pada kesehatan jangka panjang.

4. Susah fokus dan konsentrasi

Sering mengalami susah fokus dan konsentrasi? Mungkin kamu sedang mengalami stres berlebih. Stres dapat membuat pikiran kita merasa bingung dan sulit untuk fokus. Hal ini bisa mengganggu produktivitas kita di tempat kerja atau dalam kehidupan sehari-hari.

5. Gangguan tidur

Stres sering kali membuat kita menjadi susah tidur. Rasa khawatir dan pikiran yang terus-menerus menghantui dapat menghambatmu untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas. Stres juga bisa membuatmu terbangun di tengah-tengah tidur dan membuatmu merasa lelah setelahnya.

Untuk meredakan stres dan menjaga kondisi mental agar tetap sehat, Peek.Me Friends bisa melakukan tips yang sudah Peek.Me rangkum dalam artikel ini. Selain itu, kamu juga bisa menghalau stres berlebih dengan menghirup inhaler Mellow Free dari Peek.Me. Mellow Free adalah inhaler aromaterapi berbahan dasar essential oils alami yang efektif untuk meredakan stres, membuat tubuh rileks, dan mengurangi ketegangan mental. 

Jika stres yang kamu rasakan terasa berlebihan dan sulit untuk diatasi, jangan ragu untuk segera mencari bantuan dari tenaga profesional seperti psikolog atau psikiater ya! 

Semoga sehat selalu, Peek.Me Friends!

Sumber: 

Alodokter

Rupa Health

#PahamBersamaPeekMe #HidupMenyeluruh #ArahKebaikan

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out