5 Langkah Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

5 Langkah Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Perut kembung pada bayi adalah masalah umum yang sering kali membuat bayi merasa tidak nyaman. Apa yang bisa kita lakukan untuk membantu meredakan ketidaknyamanan ini? Mari kita cari tahu caranya!

Ketika bayi mengalami perut kembung, mereka mungkin akan menjadi rewel, sulit tidur, atau menangis secara berlebihan. Sebenarnya, kondisi ini sangatlah wajar terjadi karena saluran pencernaan mereka belum berfungsi dengan sempurna. Meski demikian, hal ini tetap dapat menimbulkan kekhawatiran pada orang tua,

Menurut situs Parents, perut kembung pada bayi dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti penumpukan gas di usus dan perut, pemberian makanan yang kurang tepat, atau bayi diberikan asupan cairan selain ASI. Untuk mengatasi perut kembung pada bayi, Peek.Me Friends bisa mencoba lima cara di bawah ini.

Baca juga: Mengatasi Baby Blues: Ketika Ibu Merasa Sedih Setelah Melahirkan

Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

1. Mengusap punggung bayi dengan lembut

Mengusap punggung bayi dapat membantu membuang gas yang terperangkap dalam perutnya. Untuk melakukannya, letakkan bayi dalam posisi telungkup, lalu usap punggungnya secara lembut dan perlahan.

2. Gerakkan kaki bayi seperti sedang bersepeda

Mengatasi perut kembung pada bayi bisa dilakukan dengan menggerakkan kaki bayi seperti sedang bersepeda. Tarik kaki bayi ke atas dan lakukan gerakan seperti mengayuh sepeda dengan perlahan. Cara ini dapat merangsang gerakan usus dan dapat membantu membuang gas yang terperangkap.

3. Pijat perut bayi dengan lembut

Pijat perut bayi secara lembut dengan gerakan memutar. Pastikan untuk melakukannya dengan lembut agar tidak menimbulkan rasa sakit. Pijatan ini dapat meredakan ketegangan di perut bayi dan membantu melancarkan peredaran gas.

4. Berikan ASI atau MPASI sebelum bayi merasa sangat lapar

Memberikan ASI atau makanan pendamping ASI (MPASI) sebelum bayi merasa sangat lapar dapat membantu mengurangi risiko perut kembung. Ketika bayi terlalu lapar, mereka mungkin makan dengan cepat dan menelan udara lebih banyak, yang dapat menyebabkan perut kembung.

5. Gunakan Peek-A-Boo dari Peek.Me

Salah satu cara mudah untuk mengatasi perut kembung pada bayi adalah dengan menggunakan Peek-A-Boo dari Peek.Me. Peek-A-Boo adalah baby oil multifungsi yang alami dan aman digunakan oleh bayi berusia 6 bulan ke atas. Produk ini terbuat dari empat campuran minyak atsiri alami yang berkhasiat untuk menyehatkan pencernaan bayi, membantu bayi tidur nyenyak, dan meningkatkan nafsu makan. Peek-A-Boo wajib dimiliki oleh setiap orang tua agar bayi tetap sehat, aktif, dan ceria.

Jika kondisi perut kembung pada bayi tidak kunjung membaik dan disertai dengan gejala lain, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter anak ya!

Sumber:

Parents

Alodokter

#HidupMenyeluruh #ArahKebaikan 

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out