7 Makanan Pemicu Migrain yang Sebaiknya Kamu Hindari

7 Makanan Pemicu Migrain yang Sebaiknya Kamu Hindari

Migrain atau sakit kepala sebelah bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk beberapa jenis makanan dan minuman.

Peek.Me Friends, pasti nggak sedikit dari kalian pernah mengalami migrain. Migrain merupakan nyeri pada salah satu sisi kepala yang disebabkan oleh gangguan saraf dalam otak. Biasanya, seseorang yang menderita migrain juga akan mengalami mual dan sensitif terhadap suara serta cahaya. Sakit kepala migrain dapat terjadi pada siapa saja dan dapat membuat penderitanya merasa tidak nyaman sepanjang hari. 

Ada banyak hal yang bisa memicu terjadinya migrain pada seseorang, salah satunya adalah karena mengonsumsi jenis makanan tertentu. Yep, beberapa jenis makanan dapat menyebabkan migrain jika kamu konsumsi secara berlebihan lho! Maka dari itu, makanan-makanan tersebut sebaiknya kamu hindari dan kurangi konsumsinya. 

Melansir dari Health dan Healthline, inilah tujuh jenis makanan pemicu migrain yang sebaiknya kamu hindari:

Baca juga: Olahraga saat Sakit Kepala, Memang Boleh?

Migrain atau sakit kepala sebelah bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk beberapa jenis makanan dan minuman.

1. Cokelat

Cokelat yang lezat ternyata bisa memicu terjadinya migrain jika dikonsumsi secara berlebihan lho! Menurut American Migraine Foundation, cokelat mengandung kafein dan tiramin yang bisa memicu terjadinya sakit kepala. Maka dari itu, jangan mengonsumsi cokelat dengan jumlah terlalu banyak ya!

2. Makanan yang mengandung MSG

MSG atau monosodium glutamat sering digunakan sebagai penyedap rasa pada banyak makanan, terutama pada makanan siap saji. Meskipun dapat meningkatkan cita rasa pada makanan, ternyata makanan dengan kandungan MSG tidak baik untuk terlalu sering dikonsumsi. Makanan yang mengandung MSG bisa menyebabkan migrain, mual, hingga jantung berdebar lebih cepat jika dikonsumsi secara berlebihan.

3. Keju

Sama seperti cokelat, American Migraine Foundation juga menyatakan bahwa keju mengandung senyawa tiramin yang bisa menyebabkan migrain.Terdapat beberapa jenis keju yang mengandung tiramin tinggi, di antaranya adalah keju feta, blue cheese, dan keju parmesan. Maka dari itu, sebaiknya hindari konsumsi keju secara berlebih jika kamu ingin terhindar dari serangan migrain!

4. Acar dan makanan fermentasi lainnya

Acar dan makanan fermentasi lainnya seperti kimchi dan kombucha memang memiliki rasa yang enak dan segar. Meski demikian, makanan-makanan tersebut sebaiknya tidak kamu konsumsi dalam jumlah yang banyak ya! Acar dan makanan fermentasi lainnya mengandung senyawa tiramin dalam kadar yang tinggi, sehingga bisa memicu migrain jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

5. Makanan tinggi garam

Makanan dengan kandungan garam tinggi juga dapat meningkatkan risiko terjadinya migrain lho! Melansir dari Hello Sehat, kandungan natrium dalam makanan tinggi garam dapat mempersempit pembuluh darah jika dikonsumsi berlebihan. Akibatnya, aliran darah menuju otak menjadi tidak lancar dan sakit kepala pun tidak bisa dihindari.

6. Daging olahan

Sosis, ham, dan daging olahan lainnya memang memiliki rasa yang gurih dan enak. Namun, kebanyakan daging olahan mengandung bahan tambahan seperti pengawet dan garam yang bisa memicu migrain. Selain itu, sebuah studi juga telah membuktikan bahwa sebagian besar daging olahan mengandung oksida nitrat yang dapat melebarkan pembuluh darah di otak dan menyebabkan migrain.

7. Minuman berkafein

Kopi, teh, dan minuman berkafein lainnya memang bisa memberikan energi, tapi bagi sebagian orang, kafein juga bisa menjadi pemicu migrain. Menurut American Migraine Foundation, usahakan untuk tidak mengonsumsi kafein lebih dari 12 ons per harinya agar terhindar dari migrain. 

Nah, itu dia beberapa jenis makanan pemicu migrain yang sebaiknya Peek.Me Friends hindari. Jika kamu ingin tetap menikmati salah satu dari makanan di atas, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan ya!

Jika migrain sudah telanjur menyerang, don't worry, Peek.Me siap menolongmu kapan saja dan di mana saja! Segera hirup inhaler natural Think Light dari Peek.Me untuk mengusir sakit kepala yang mengganggu. Inhaler Think Light terbuat dari campuran minyak atsiri alami yang 100 persen aman dan efektif mengatasi migrain, tension headache, serta jenis sakit kepala lainnya. Cara pakainya gampang, cukup hirup inhaler dari masing-masing lubang hidup sambil menutup lubang sebelahnya, dan ulangi sebanyak dua kali.

Semoga sehat selalu, Peek.Me Friends!

Sumber:

Health

Healthline

#HidupMenyeluruh #ArahKebaikan

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out