Hari Ibu: Menjadi Ibu Berdaya untuk Meraih Hidup yang Penuh

Menjadi berdaya membuat Ibu meraih hidup yang lebih penuh atau fulfilling life, sehingga justru dapat memaksimalkan berbagai perannya dengan lebih baik. Mendefinisikan kembali makna peran Ibu di era modern saat ini.

Mendapati tema Hari Ibu di tahun 2023 yaitu "Perempuan Berdaya, Indonesia Maju", rasanya menarik untuk menyelami bagaimana kita dapat menjadi Ibu yang berdaya dan betapa pentingnya juga memiliki aspirasi agar mendapatkan rasa penuh atau fulfilling life sebagai Ibu.

Menurut riset dari platform parenting Orami yang dilansir dari Fimela, menyatakan 70% Ibu Indonesia merasa bahwa menjadi wirausaha adalah cara paling ideal untuk mandiri secara ekonomi, diikuti dengan pilihan bekerja paruh waktu (freelance) sebanyak 17%.

Aspirasi untuk mandiri secara ekonomi muncul bukan hanya karena keharusan dan kebutuhan, namun sebagai bentuk aktualisasi diri Ibu. Seorang psikolog sekaligus penulis buku, Anastasia Satriyo, membagikan perspektifnya dalam acara peluncuran hasil laporan yang dilakukan Orami pada Selasa (21/12), mengatakan bahwa aktualisasi diri seorang Ibu membuatnya lebih merasa penuh atau fulfilled karena potensi dirinya terfasilitasi.

Bentuk aktualisasi diri baik melalui adanya karir, membangun sebuah karya, membuat usaha, ataupun menjadi sosok yang menginspirasi dapat dikatakan bahwa dia telah menjadi perempuan berdaya. Pentingnya Ibu memiliki rasa penuh tersebut, karena Ibu biasanya akan merasa lebih sehat secara fisik dan kondisi psikologis. Ibu akan lebih mampu memaksimalkan berbagai perannya dengan lebih baik dan berpengaruh kepada tumbuh kembang generasi masa depan.

Baca Juga: Tips Jaga Kesimbangan Sebagai Working Moms

“Untuk bisa berdaya sebenarnya berangkat dari diri sendiri, namun begitu besar pengaruh lingkungan terhadap keberdayaan seorang Ibu.” Papar Abyz Wigati, S. Psi, Konselor Anak & Keluarga dari Harum Family Center, diambil dari laman Sekolah Parenting Harum.

Moms, jangan lupa bahwa setiap Ibu itu berbeda, sehingga kita tidak bisa membandingkan diri dengan kehidupan pun pencapaian orang lain. Faktor terbesar dalam membagi peran ini adalah hadirnya rasa bersalah akan ketakutan melakukan kesalahan.

Sebetulnya mewujudkan keluarga yang bahagia itu bukan karena kita harus sempurna, tetapi karena masing-masing anggota keluarga bersedia menerima kekurangan. Jadi, komunikasi dalam keluarga begitu penting untuk dapat saling membangun support system dalam lingkup keluarga.

Memperingati Hari Ibu kali ini, Peek.Me berbagi Free Sample Size produk Relief Balm dengan minimal pembelian 150.000 bagi 50 pembeli pertama. Balsem alami Relief Balm bersifat antibakteri dan antiviral untuk bantu meredakan batuk dan pilek, melegakan pernapasan, serta menstimulasi daya tahan tubuh. 

Sebagai produk berbasis aromaterapi untuk kesehatan sehari-hari, Peek.Me menemani gaya hidup sehat di setiap langkah untuk memaksimalkan potensi Ibu meraih hidup yang penuh.

Perjalanan menjadi Ibu tidaklah mudah atau sempurna, namun menjadi perjalanan luar biasa yang layak untuk ditempuh. Selamat Hari Ibu, Moms. 

Sumber:

Fimela

Sekolah Parenting Harum

#HealthyHappyWorthy #HealthyEveryWay

 

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out