Tips Jaga Kesimbangan Sebagai Working Moms

Istilah 'working moms' yang saat ini bermunculan, menandakan banyaknya Ibu yang juga harus bekerja. Agar terhindar dari dampak kelelahan ataupun stres, Inilah beberapa tips yang dapat membantu menata pikiran dan mengelola waktu.

Menurut Center for American Progress, hampir 4 dari 10 ibu berperan menjadi ibu sekaligus menjalankan karir sebagai 'working moms'. Peek.Me Friends, mungkin beberapa dari kita tidak memiliki privilege  untuk memilih, melainkan keharusan menjalani peran sebagai ibu bekerja untuk dapat membiayai keluarga, orang tua, ataupun untuk bertahan hidup.

Menjadi ibu yang bekerja sering kali muncul perasaan bersalah dan stres karena perhatian yang harus terbagi antara pekerjaan dan keluarga. Menjaga keseimbangan yang tepat menjadi kunci untuk mengatur diri antara profesi dan peran menjadi orang tua.

Menjaga kesimbangan bagi 'working moms' tentulah bukan hal mudah, sehingga keseimbangan yang tepat adalah ketika kita aware terhadap skala prioritas untuk selalu mengutamakan koneksi pada diri dan keluarga, serta mengkomunikasi dengan baik jika pekerjaan saat itu merupakan prioritas yang perlu untuk diselesaikan terlebih dahulu.

Baca Juga: 6 Tips "Me Time" untuk Ibu Baru Supaya Bebas Stres!

Tips Menyeimbangkan Peran Dalam Keluarga & Pekerjaan

1. Melakukan metode Bullet Journal

Pendekataan metode journaling ini memetakan agenda pekerjaan yang dilakukan setiap harinya, menuliskan tujuan yang ingin kita capai, serta mencatat memori apa yang tidak ingin kita lupaka. Bullet Journal membantu mengorganisir pikiran dan to-do-list dan mengingat hal-hal penting tanpa ada satupun yang terlewat.

Moms, bisa juga menuliskan agenda atau event meliputi kegiatan anak, acara keluarga, hingga persoalaan rumah. Jangan lupa untuk meluangkan waktu meninjau kembali kegiatan yang telah dilakukan setiap akhir pekan, sehingga Moms dapat melihat apakah perlu adanya tambahan atau mengurangi jenis kegiatan.

2. Mengoptimalkan waktu berharga bersama keluarga

Meluangkan waktu berkualitas baik secara rutin atau mengagendakan liburan bersama suami dan anak untuk memperkuat ikatan keluarga. Berikan perhatian penuh pada apa yang mereka lakukan dan ceritakan. Jangan lupa ya Moms, kurangi waktu untuk melihat layar ponsel dan pastikan fokus pada momen bersama keluarga.

3. Meluangkan waktu 'me time'

'Happy moms will make happy family', meluangkan waktu untuk rehat sejenak dan melakukan aktivitas yang disukai agar mengisi ulang energi. Bercengkrama bersama teman, melakukan kegiatan yang menambah wawasan, atau melakukan perawatan diri agar meredakan stres dan penuh semangat.

4. Merencanakan 'date time' dengan suami

Manajemen waktu merupakan faktor penting dalam menyelaraskan peran sebagai 'working moms', salah satu waktu yang jangan sampai terlupakan adalah meluangkan waktu khusus bagi Moms dan suami.

Waktu istimewa untuk sepenuhnya terhubung tanpa terdistraksi urusan lainnya, sehingga Moms dapat mendapatkan momen berbicara, bersenang-senang, dan menghabiskan waktu dengan suami.

5. Mempersiapkan untuk pagi lebih tenang

Pagi hari merupakan waktu yang cukup sibuk antara menyiapkan anak sekolah, memasak sarapan, dan mempersiapkan diri. Untuk itu, mempersiapkan pada malam hari sebaiknya dilakukan agar dapat membuat pagi yang tidak terlalu membuat kelelahan.

Memulai pagi dengan lebih tenang juga membuat diri kita dapat lebih berenergi dan fokus sepanjang hari.

Sumber:

MamaBear

Mommies Daily

#HealthyHappyWorthy #HealthyEveryWay

 

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out