Mengatasi Bibir Kering & Pecah-Pecah pada Anak, Tak Perlu Khawatir!

Perawatan kecil yang mungkin sering Moms terlupakan atau terlewatkan. Kondisi bibir kering hingga pecah-pecah tidak hanya dialami orang dewasa, namun juga sering didapati pada anak bahkan pada bayi baru lahir atau newborn.

Kulit anak lebih sensitif dibandingkan orang dewasa, salah satunya kulit bibir anak merupakan lapisan tertipis pada bagian tubuhnya. Bibir kering hingga pecah-pecah dapat membuat area bibir luka, penyebabnya dapat melalui berbagai faktor diantaranya:

Seringnya menjilat atau menghisap bibirnya

Dilansir dari laman Kompas, air liur mengandung enzim pencernaan yang justru membuat bibir cepat kering. 

Dehidrasi

Jika bibir pecah-pecah disertai gejala lainnya seperti, kondisi si Kecil terlihat lesu, tidak ada air mata saat menangis, jarang buang air kecil, dan warna urin tampak lebih gelap, bisa jadi ia mengalami dehidrasi.

Dehidrasi pada anak bisa terjadi karena tidak mendapat asupan ASI atau air putih yang cukup, diare, demam tinggi, suhu udara yang terlalu panas atau dingin, dan paparan AC.

Kekurangan Nutrisi

Diambil dari laman Orami sebagai platform parenting, memaparkan apabila anak didiagnosis memiliki tingkat nutrisi yang kurang bagi tubuh, maka bibir anak kekurangan kelembapan yang seharusnya. Jadi, pastikan memberikan asupan buah dan sayuran yang kaya vitamin dan kandungan air yang cukup banyak.

Alergi

A dapat disebabkan dari bahan pakaian tertentu, reaksi terhadap lotion atau krim, ataupun kulit anak yang sensitif. Perhatikan juga agar menjaga anak ketika mencium area wajahnya.

Baca Juga: Bibir Kering dan Pecah-Pecah? Rawat dengan 5 Cara Alami Ini

Menjaga Bibir Lembab dengan Alami!

Kulit anak yang lebih rentan sensitif, maka Moms atasi dengan cara lebih alami agar aman untuk merawat area mulutnya.

1. Rutin membersihkan area bibirnya

2. Oleskan madu

Madu memiliki manfaat untuk membantu melembabkan bibir dan melindungi dari infeksi karena mengandung sifat antimikroba, anti-inflamasi, serta penyembuhan luka.

3. Asupan vitamin dan makanan bernutrisi

“Kekurangan atau kelebihan zat gizi tertentu bisa memicu bibir kering pada anak.” papar dr. Anttoinetter Ciconte.

Cukupi asupan vitamin B & A, zat besi, dan zinc yang bisa didapat dari telur dan sayuran ataupun vitamin khusus anak.

4. Gunakan Pelembab bibir atau lip balm alami

Kami merekomendasikan Luscious Lipbalm Unscented/Plain yang merupakan pelembap 100% alami berbasis aromaterapi dan tidak menggunakan bahan kimia sintesis agar lebih aman untuk digunakan anak.

Luscious Lipbalm Peek.Me diformulasi dengan bahan natural Cocoa Butter yang tinggi akan vitamin E untuk menjaga kekenyalan bibir, Extra VCO agar menghidrasi kulit karena mengandung lauric acid dan saturated fats, dan Sweet Almond yang aman untuk memberikan kelembaban bibir.

Jadi, Moms tak perlu khawatir lagi mencari perawatan bibir lipbalm alami aman untuk bayi dan anak serta cara mengatasi bibir kering pada si kecil.

Sumber

Orami

Kompas

#PeekMeFirst #HealthyEveryWay

 

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out