Mengenal 'Circadian Misalignment', Salah Satu Penyebab Insomnia?

Sudah mengurangi stres dan overthinking, tapi kok masih susah tidur? Pahami 'sleep science' satu ini yang umum terjadi, namun belum banyak diketahui.

Peek.Me Friends, pernah gak mengalami insomnia meskipun sudah coba segala cara tapi masih belum teratasi? Beda permasalahan susah tidur, ternyata beda juga treatmentnya, lho. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas istilah 'Circadian Misalignment' yang merupakan salah satu faktor penyebab insomnia.

Dilansir dari National Institute of Health, 'Circadian Misalignment' atau 'ketidakselarasan sirkadian' menggambarkan keadaan waktu tidur dan bangun tidak selaras dengan waktu alam. Menurut Davi Gadjali, seorang content creator di salah satu platform media sosial dan CEO dari slumbr.id sebagai perusahaan yang membantu untuk mengontrol tidur menjadi berkualitas, mengatakan 'Circadian Misalignment' merupakan ritme internal dari tubuh kita yang tidak selarasa atau tidak cocok dengan ritme di luar tubuh.

Sederhananya, ketika sudah memejamkan mata, tetapi kita masih belum bisa tertidur nyenyak. Meskipun kita tidak merasa sedang tidak stres ataupun overthinking, kita tetap tidak bisa tidur. Mungkin Peek.Me Friends, sering menemukan keadaan di mana tubuh terasa kita masih 'bermode siang' atau penuh energi, sedangkan waktu alam menandakan sudah malam, sehingga kita masih belum bisa beristirahat.

'Circadian Misalignment' adalah faktor yang gak kalah berperannya membuat kamu insomnia yang ternyata umum terjadi, lho. 

Baca Juga: Manfaat Cedarwood Oil: Cegah Insomnia Hingga Redakan Stres

Cara untuk mengatasi ketidaselarasan ini, cukup sederhana yaity dengan cara mencocokan kembali ritme tubuh kita dengan ritme alam. Peek.Me Friends bisa sesederhana meluangkan waktu terpapar matahari atau berjemur selama 15-20 menit dalam beberapa waktu ke depan.

Paparan sinar matahari yang masuk ke mata kita akan memicu pada bagian otak kita bernama 'Suprachiasmatic Nucleus' disingkat 'SCN' yang berperan sebagai master clock ritme tubuh kita. 

Salah satu hal yang penting, mengapa baiknya untuk tidak melihat gadget ketika kita hendak tidur. Paparan sinar layar gadget inilah yang membuat sistem 'SCN' pada otak kita bingung apakah ini masih siang atau malam, sehingga kamu sering kali menjadi segar atau mungkin semakin sulit tidur.

Mengontrol tidur sangatlah berkaitan dengan cara kerja otak, agar memaksimalkan tidur lebih nyenyak, gunakan Dreamland Ticket yang membantu untuk insomia treatment natural kamu. Aroma sweet-floral dari Lavender essential oil memberikan sinyal pada otak untuk lebih relaks dan tenang. Dreamland Ticket, merupakan aromatherapy blend diformulasi khusus untuk menjadi tiket kamu yang mengantar pada fase deep-sleep.

Sumber:

National Institute of Health

Davi Gadjali

#HealthyHappyWorhty #HealthyEveryWay

 

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out