Studi Aromaterapi Meredakan Nyeri Haid, Cari Tahu?

Nyeri saat haid menghambat aktivitas kamu? Menurut penilitan melalui pijatan dengan aromaterapi terbukti menurunkan skor nyeri dari skala 7,4 menjadi 4,2 pada hari pertama menstruasi, lho. Yuk, cari tahu!

Peek.Me Friends, apakah sering merasakan nyeri pada perut bagian bawah hingga ke pinggang dan paha saat haid? Nah, ketika kalian merasakan itu, hal tersebut dinamakan Dismenorea. Tercatat angka yang mengalami dimenorea di dunia sangat besar, beberapa dari kita mungkin mereasakan sakit yang bahkan tidak tertahankan dan berpengaruh terhadap aktivitas harian.

Saat ini telah terdapat perawatan modern melalui obat antiinflmasi nonsteroid yang digunakan untuk mengurangi peradangan, meredakan nyeri, dan menurunkan demam yang sering disingkay NSAID (Nonsteroidal Anti0Inflammatory Drugs) seperi aspirin, ibuprofen, asam mefenamat, dan naproxen.

Namun, menurut penelitian Morrow dan Naumburg, menunjukan sekitar 10-25% wanita memlih untuk tidak menggunakan obat atau NSAID karena adanya efek samping, intoleransi, atau ketidaknyamanan dalam penggunaan obat.

Mengingat akan bahaya efek samping dari obat, terdapat riset lainnya, bahwa jutaan wanita memilih terapi alternatif dalam meredakan nyeri menstruasi mereka, salah satu terapi yang telah banyak diteliti, yaitu terapi alternatif melalui minyak atsiri atau aromaterapi.

Baca Juga: 5 Cara Ini Efektif Atasi Nyeri Haid Tanpa Obat, Udah Coba?

Aromaterapi adalah pengobatan multidimesi yang aman tanpa adanya efek samping. Pengaruh positif dalam sistem saraf otonom pada minyak atsiri memberikan efek untuk meredakan kecemasan dan mengendalikan rasa sakit. Tidak hanya itu, essential oil juga menyerap secara transdermal yang menghambat sekresi prostagladin dan anestesi lokal secara alami.

Peneliti juga mencatat, pijat mandiri aromaterapi ditemukan lebih mengurangi intersitas nyeri haid serta secara signifikan mengurahi keparahan dampah dismenore. Menurut riset, perawatan aromaterapi menurunkan nyeri dari skala skor 7,4 menjadi 4,26 pada hari pertama menstruasi.

Menurut peniliti, melakukan pijat dengan minyak atsiri terbukti dapat menurunkan durasi nyeri haid. Pijatan pada daerah perut dapat menurunkan kadar hormin stres dan mengeluarkan endorfin dalam plasma, sehingga mengaktivasi parsimpatis kita dan meningkatkan sekresi serotonin untuk memblokir penyebab nyeri.

Periode Relief Alami dengan Miss Montpain: It gets you from grumpy to happy!

Jadikan siklus menstruasi kamu bebas kram dan sakit melilit dengan Miss Montpain, diformulasi khusus dengan 3 hero ingredients berbasis aromaterapi; 

Lavender essential oil : mengurangi rasa nyeri

Clary Sage essential oil : membantu meregulasi hormon

Bergamot essential oil : bermanfaat menguragi sakit gejala menstruasi

Oleskan Miss Montpain di bagian perut dan punggung bawah dengan gerakan pijat memutar searah jarum jam secara perlahan hingga meresap, untuk meringkankan sakit dan keram saat haid.

Sedangkan untuk meregulasi sklus menstruasi menjadi teratur, oleskan pada bagain perut sehari dua kali selama 7 hari setelah haid. Kekuatan alam untuk menjadikan menstruasi kamu terasa lebih nyaman!

Sumber:

The School for Aromatic Studies

Kementrian Kesehatan

​#PeekMeFirst #HealthyLittleHabits

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out